nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diincar Para Milenial, Yuk Simak Jenis-Jenis Reksa Dana

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 17:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 03 278 2074208 diincar-para-milenial-yuk-simak-jenis-jenis-reksa-dana-MJerp2Utsv.jpg Ilustrasi saham (Shutterstock)

JAKARTA - Banyak milenial saat ini melirik investasi jenis Reksa Dana. Namun, umumnya para milenial belum memiliki referensi yang mumpuni, sehingga takut untuk memulainya.

Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27), Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

 Baca juga: Mengenal Reksa Dana Konvensional dan Nonkonvensional

Berdasarkan karakteristiknya, Reksa Dana dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu Reksa Dana Terbuka dan Reksa Dana Tertutup.

Reksa Dana Terbuka adalah Reksa Dana yang dapat menawarkan unitnya setiap saat sampai batas maksimum unit yang ditawarkan dan membeli kembali unit investor setiap saat pula. Seperti dikutip dari laman Mandiri Investasi, Rabu (3/7/2019).

 Saham

Adapun beberapa jenis Reksa Dana Terbuka, yakni:

1. Reksa Dana Pasar Uang

Jenis Reksa Dana yang investasinya ditempatkan 100% pada instrumen Pasar Uang, antara lain, obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun, deposito, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

 Baca juga: Kelola Keuangan, Ini Investasi yang Cocok bagi Milenial

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Jenis Reksa Dana yang sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan pada efek yang memberikan pendapatan tetap, seperti surat utang.

3. Reksa Dana Campuran

Jenis Reksa Dana yang investasinya ditempatkan pada beberapa efek sekaligus, mencakup Saham, surat utang dan Pasar Uang.

 Baca juga: Jumlah Investor Masih Minim, OJK Sebut Industri Reksa Dana Bisa Berkembang

4. Reksa Dana Saham

Jenis Reksa Dana yang sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan pada efek Saham.

Selain keempat jenis Reksa Dana terbuka di atas, ada juga jenis Reksa Dana Terproteksi, yaitu Reksa Dana yang memiliki masa penawaran dalam jangka waktu tertentu dan memiliki skema khusus untuk melindungi nilai pokok investasi investor.

Sementara itu, Reksa Dana Tertutup adalah, Reksa Dana di mana investor hanya menawarkan dan membeli kembali unit yang ditawarkan di waktu-waktu tertentu sesuai ketentuan yang ditetapkan.

Saat ini, hampir sebagian besar Reksa Dana yang beredar di Indonesia adalah jenis Reksa Dana terbuka berbentuk KIK.

Baca juga: Dana Kelola Reksadana Capai Rp488,96 Triliun, Naik 6,39% di Semester I-2018


Jadi, sebelum Anda mulai berinvestasi pada suatu produk Reksa Dana, pastikan mengerti terlebih dahulu pengertian tersebut.

Jangan sampai pilihan Anda menjadi boomerang bagi keuangan ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini