nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bonus Demografi 2030, CEO Sequis Life: Milenial Harus Siapkan Diri Agar Mandiri

Rani Hardjanti, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 20:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 16 320 2079787 bonus-demografi-2030-ceo-sequis-life-milenial-harus-siapkan-diri-agar-mandiri-gvD2EinFEP.jpg Kaum milenial (Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia akan menghadapi bonus demografi di tahun 2030. Diprediksi bahwa jumlah kelompok usia produktif (milenial) akan jauh melebihi kelompok usia tidak produktif.

“Generasi milenial Indonesia memiliki banyak tanggung jawab di masa depan," ujar President Director & CEO Sequis Life Tatang Widjaja dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7/2019).

 Baca juga: Asuransi Jiwa Berbasis Mata Uang China di RI, Ini Reaksi OJK

Selama terjadi bonus demografi tersebut kelompok usia produktif yang akan menjadi mesin pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Untuk itu, generasi milenial Indonesia saat ini haruslah menyiapkan diri agar mampu mandiri dan berfokus pada hal-hal yang baik agar dapat menjadi penerus bangsa,” imbuh Tatang.

Sementara itu, Training and Business Development Sequis Life Franky Nayoan mengatakan bahwa hingga saat ini asuransi belum menjadi kebutuhan penting bagi kalangan milenial. Menurutnya, generasi milenial kurang memiliki pengetahuan tentang manfaat asuransi dan enggan mencari tahu tentang asuransi. Hingga akhirnya asuransi dibeli pada usia dewasa dan bisa berpengaruh pada tingginya premi.

 Baca juga: Ada Asuransi Bayar Pakai Mata Uang China, Ini Pertama di Indonesia

“Kita tidak bisa menyalahkan generasi milenial jika mereka menganggap asuransi tidak penting dan hanya akan membuang energi bicara tentang asuransi pada mereka jika kita sebagai penyedia asuransi tidak mengerti apa yang mereka butuhkan," jelasnya.

"Kami optimis dapat mengambil peran untuk meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia melalui edukasi asuransi dengan pendekatan gaya milenial yang dilakukan oleh agen asuransi dari kalangan milenial juga dan menyediakan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya milenial,” ujar Franky.

Untuk itu, Sequis menggarap serius pasar milenial dengan membentuk unit bisnis baru bernama M!Power dengan produk asuransi M!Protection. Segmen yang disasar usia 18-40 tahun. Sequis menargetkan sampai akhir tahun 2019 M!Power dapat meraih total premi sebesar Rp8 miliar.

Tatang menambahkan, para milenial akan dibekali dengan berbagai kemampuan, seperti financial, communication, dan leadership skill serta pengetahuan lain yang bermanfaat untuk meningkatkan personality branding dari milenial Indonesia. "Pastinya bermanfaat saat mereka berada di lingkungan sosialnya dan berguna untuk masa depan mereka,” tambah Tatang.

Tatang menargetkan M!Power dapat berkontribusi terhadap peningkatan jumlah agen perusahaan sekira 900 agen profesional hingga akhir tahun 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini