nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemajuan Teknologi, JK: Ibu-Ibu Bisa Makan Enak

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 12:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 22 320 2081959 kemajuan-teknologi-jk-ibu-ibu-bisa-makan-enak-On6Cqy3VyO.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyebut kemajuan teknologi bisa menjadi salah satu tantangan dalam pembangunan negara ke depan. Meksipun harus diakui juga teknologi banyak membantu dalam pembangunan negara baik dari sisi ekonomi maupun non-ekonomi.

Menurut JK, kemajuan teknologi yang begitu cepat harus bisa dimanfaatkan dan dihadapi oleh masyarakat. Sebab jika tidak dimanfaatkan, maka masyarakat lah yang akan tergerus oleh kemajuan teknologi.

“Tentu masyarakat mempunyai banyak tantangan, tadi sudah disebutkan bagaimana teknologi merupakan suatu kemajuan sekaligus tantangan,” ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Baca Juga: Buka IDF 2019, Wapres JK: Pemerintah Cari Ide Perencanaan dari Generasi Masa Depan

Menurut JK, keberadaan teknologi juga banyak merubah perilaku masyarakat. Dirinya mencontohkan adalah bagaimana kehadiran Go-Jek dan Grab yang merubah pola hidup masyarakat.

Untuk menggunakan transportasi umum, kini masyarakat cukup menggunakan aplikasi lewat smartphone mereka. Padahal dalam beberapa tahun lalu, keteika ingin menggunkan transportasi umum seperti taksi ataupun ojek, masyarakat harus berjalan terlebih dahulu .

“Banyak teknologi merubah banyak perilaku, contoh sederhana bagaimana teknologi Go-Jek mengubah kehidupan rumah tangga, merubah kehidupan generasi muda,” katanya.

 Baca Juga: Wapres JK: Negara Maju Selalu Merencanakan dengan Baik

Contoh lainnya adalah dalam hal memesan makanan. Kini, untuk masyarakat bisa memesan makanan yang diinginkan tanpa harus beranjak dari rumah.

“Ibu-ibu tinggal memesan dengan baik sudah makan enak, semuanya merubah teknologi itu dan merupakan tantangan,” kata JK.

Oleh karena itu lanjut JK, dirinya meminta kepada masyarakat, untuk menggunakan teknologi dengan bijak. Untuk mendorong hal ini tentunya perlu diimbangin dengan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai juga.

“Karena itulah maka, tentu tantangan ini juga harus dibarengi dengan kemampuan SDM, pada generasi muda tentu kita tak hanya belajar menghadapi tantangan tapi belajar membuat suatu solusi pada tantangan itu, tapi apapun kita lakukan, maka ekonomi kita akan tumbuh, nilai tambah akan tumbuh dengan teknologi, teknologi akan tumbuh dengan pendidikan,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini