Share

LRT Jabodebek Rute Cawang-Cibubur Uji Coba Oktober 2019

Yohana Artha Uly, Okezone · Selasa 06 Agustus 2019 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 06 320 2088218 lrt-jabodebek-rute-cawang-cibubur-uji-coba-oktober-2019-yGxgqLorjc.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, LRT Jabodebek rute Cawang-Cibubur akan dilakukan uji coba pada Oktober 2019. Sebab pembangunan proyek untuk rute tersebut sudah hampir rampung.

"LRT Jabodebek pada bulan Oktober akan diuji coba dari Cibubur, Bogor ke Cawang, Jakarta," ujarnya di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (5/8/2019) malam.

 Baca Juga: Mati Listrik Serentak, Operasional LRT Dihentikan

Penyelesaian proyek LRT Jabodebek ini memang mundur dari target dari tahun 2020 menjadi 2021. Menurut Luhut, hal ini karena masalah pembebasan lahan, ditargetkan akhir Agustus 2019 persoalan lahan bisa rampung.

"LRT Jabodebek ini kan kan terlambat setahun karena pembebasan tanah, tapi semua Agustus ini pembebasan tanah selesai," ungkapnya.

 Baca Juga: Molor Lagi karena Lahan, LRT Jabodebek Rampung 2021

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, uji coba LRT Jabodebek rute Cawang-Cibubur setidaknya akan memakan waktu 6 bulan. Dia juga meminta PT Industri Kereta Api (Inka) untuk membawa rangkaian kereta tersebut ke Jakarta, agar saat pembangunan jalur selesai uji coba bisa segera dilakukan.

"Saya minta Oktober diuji coba. Barang (rangkaian kereta) kan sudah di Inka, bawa ke sini untuk diuji coba, karena uji coba butuh wkatu paling engga 6 bulan," ujarnya.

Budi Karya menyatakan, uji coba akan dilakukan secara intensif, hal ini belajar dari pengalaman LRT Palembang. Menurutnya, uji coba LRT Palembang memakan waktu lama yakni hampir 1 tahun.

Sehingga dengan mulai uji coba secara intensif pada Oktober diharapkan bisa memangkas waktu, sehingga transportasi massal tersebut bisa segera digunakan.

"Uji coba akan lumayan intensif. Jadi Pak Luhut setuju kalau 6 bulan uji coba, dan akan disampaikan ke Adhi Karya untuk uji coba Oktober," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini