nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Butuh Kredit untuk Usaha? Jangan Gelap Mata, Perhatikan 6 Hal Ini

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 22:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 320 2095878 butuh-kredit-untuk-usaha-jangan-gelap-mata-perhatikan-6-hal-ini-qma9nOQ0Ko.jpg Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Usaha. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kemajuan teknologi membuka kesempatan untuk berbisnis. Namun apa daya jika tidak ada modal, kredit dari bank menjadi salah satu solusi.

Meski rencana usaha sudah sangat matang, tetapi jangan gelap mata. Ada 6 hal yang perlu diperhatikan agar rencana membuka usaha agar mendapat keuntungan tidak malah menjadi buntung.

 Baca Juga: Pasca-Pemilu, BI: Pertumbuhan Kredit Baru Meningkat

Berikut selengkapnya seperti dikutip dari situ Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jumat (23/8/2019).

1. Tanyakan kepada petugas bank mengenai kewajiban pokok, bunga, biaya-biaya yang dikenakan sebelum mengajukan permohonan kredit.

 Baca Juga: Revisi Pertumbuhan Kredit Bank Imbas Perang Dagang, Ini Faktanya

2. Perhitungkan kemampuan usaha Anda dalam membayar cicilan pokok atau bunga kredit yang wajib dibayar setiap bulannya.

 Kredit

3. Gunakan fasilitas kredit yang diterima sesuai dengan tujuan, yakni membiayai usaha Anda. Penyalahgunaan dana kredit dapat membahayakan kelangsungan usaha Anda.

4. Sikap terbuka terhadap bank dengan memberi informasi yang jelas mengenai usaha Anda akan sangat membantu bank untuk penilaian kelayakan pemberian kredit.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin

5. Pastikan Anda memahami perjanjian kredit yang akan ditandatangani.

6. Pemberian kredit dari bank merupakan ukuran kepercayaan. Jagalah reputasi Anda dengan memenuhi kewajiban pembayaran secara tepat waktu dan jumlah sesuai dengan perjanjian kredit, untuk menghindari nama Anda tercantum dalam Daftar Kredit Macet

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini