nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Sebut Kabut Asap Belum Berdampak ke Penerbangan di Sumatera dan Kalimantan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 17:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104525 menhub-sebut-kabut-asap-belum-berdampak-ke-penerbangan-di-sumatera-dan-kalimantan-BkADRI49z2.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan aktivitas penerbangan di Sumatera dan Kalimantan masih normal. Meskipun memang kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah semakin tebal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, meskipun masih belum terganggu, namun dirinya berharap jika kebakaran hutan dan lahan ini bisa segara teratasi. Karena menurutnya, kebakaran hutan dan lahan ini memiliki dampak buruk bagi masyarakat yang ada di sana.

 Baca juga: Penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru Terdampak Asap, Penumpang Protes

Lagi pula jika kasus kebakaran hutan dan lahan ini tak kunjung diselesaikan akan menjadi masalah yang sangat serius. Karena menurutnya, jika kebakaran ini masih terjadi bisa saja berakibat luas.

 Kabut Asap

“Sejauh ini belum ada dampak yang serius ya, tapi ke depan kalo tidak ada upaya-upaya menyelesaikan, ini akan serius,” ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

 Baca juga: Kabut Asap Kian Pekat, Gubernur Kalbar Liburkan Sekolah

Budi juga mengaku sudah menugaskan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti untuk melakukan pengecekan secara intensif. Disisi lain, dirinya juga akan terus nberkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait permasalahan ini.

Berdasarkan keterangan terakhir, posisi asap di Riau memang saat ini sudah sangat besar dan mengkhawatirkan. Pasalnya asap dari Riau ini datang dari dua arah

“Menurut keterangan, memang Riau yang dalam posisi paling besar, karena dua hal; yang dari selatan itu ke arah Riau dan dari Riau tidak bisa kemana-mana, karena ada angin tertentu yang di Selat Malaka, jadi mereka (asap) setop di Riau,” jelasnya.

Sebagai informasi sebelumnya, Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan sejak beberapa hari terakhir. Wilayah yang paling parah terkena kabut asap adalah Riau khususnya Kota Pekanbaru, Palembang, dan Dumai.

Untuk mengantisipasi dampak kabut asap tersebut, Pemerintah Provinsi Riau bersama jajaran lintas sektoral telah membuat kesepakatan tentang acuan sebagai pedoman bersama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini