nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Spanduk Donasi Tersorot di Siaran TV, Viral dan Langsung Terkumpul Rp14 Miliar

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 23 September 2019 17:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 320 2108283 spanduk-donasi-tersorot-di-siaran-tv-viral-dan-langsung-terkumpul-rp14-miliar-gk0zG1nzii.jpg Viral spanduk bir (Foto: Reuters)

JAKARTA - Seorang suporter sepakbola kampus sengaja membuat akun media sosial untuk meminta donasi yang disebutnya sebagai "uang bir". Namun dia tidak menyangka bahwa aku tersebut mendadak viral. Tidak tanggung-tanggung, dana yang terkumpul capai Rp14 miliar.

Pasalnya, ia mengubah permintaan yang bersifat lelucon tersebut menjadi upaya penggalangan dana untuk rumah sakit anak-anak.

Baca juga: Viral Kecanggihan Robot Kalahkan Tukang Kayu

Kini, uang yang sudah terkumpul dilaporkan mencapai USD1 juta atau setara Rp14 miliar (USD1 setara Rp14.000 per USD). "Kami sudah mendapatkan uang USD1 juta. Ayo lanjutkan, kita belum selesai," tulis Carson King di Twitter, Senin (23/9/2019).

 Viral beer money

King mengatakan, uang tersebut disumbangkan melalui dompet digitalnya, yaitu Venmo. Bagaimana bisa?

Baca juga:  Canggih, Nginap di Hotel China Dilayani Robot

Diawali leluconnya saat melambaikan spanduk bertulian “Pasokan Busch Light Perlu Diisi Ulang". Tulisan tersebut terpampang di salah satu siaran televisi olahraga.

Bahkan, tak luput dirinya menuliskan akun Venmo-nya dengan spidol berwarna hitam. "Kupikir itu hanya lelucon. Aku tidak berpikir ada orang yang akan melihatnya," ungkap King.

 Baca juga: Viral! Anak Kecil Ini Terlalu Girang Ketika Pertama Kali Naik KA

Ketika akun Venmo nya sudah terisi USD600, dia berbicara dengan keluarganya untuk meminta saran dan segera mengubah rencananya dari membeli bir menjadi mendonasikan uang ke Rumah Sakit Anak di Lowa. Dia pun bergegas mengumumkan di media sosial seperti Twitter.

Setelah melakoni siaran di program Good Morning America, donasi membanjiri akun Venmo King. Bahkan, belum sampai satu jam saja ia sudah menerima sekitar 2.000 notifikasi.

Selain itu, King juga berkata bahwa ia akan tetap membuka akun Venmo-nya untuk menerima donasi sampai akhir bulan.

Setelah itu, ia menyerahkan uang donasinya ke rumah sakit secara langsung. Dia juga akan melakukan tur ke fasilitas rumah sakit dan bertemu dengan beberapa anak yang akan mendapat manfaat dari sumbangan besar-besaran.

"Kami sangat terkejut dengan ini. Terima kasih untuk siapa pun yang membantu. Kami sangat merasa bersyukur," tulis akun resmi Twitter University of Iowa Strad Family Children's Hospital.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini