nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China hingga Singapura Berminat Bayari Bandara Singkawang

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 13:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 320 2113799 china-hingga-singapura-berminat-bayari-bandara-singkawang-I5BR9ZWCOM.jpg China Berminat Bayari Bandara Singkawang (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub} Budi Karya Sumadi mengungkapkan, banyak investor asing yang berminat untuk melakukan pembangunan dan pengoperasian Bandara Singkawang, Kalimantan Barat.

Pembangunan bandara tersebut akan dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

"Untuk investor asing (konsorsium), saya pikir banyak sekali, mungkin lebih dari 10 bahkan 20. Seperti (Changi) Singapura, Prancis, Kanada, Korea Selatan, Jepang dan China," ujar dia di Gedung BKPM Jakarta, Senin (7/10/2019).

 Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Lampu Hijau Asing Garap Proyek Infrastruktur Perhubungan

Berdasarkan data dari BKPM, para investor yang berminat dengan proyek ini harus menggelontorkan dana sebesar Rp4,3 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun bandara sebesar Rp1,7 triliun, dan pengoperasian sebesar Rp2,6 triliun.

Jika sudah menggelontorkan dana, pihak swasta akan menerima masa konsesi selama 32 tahun. Diperkirakan, bandara tersebut bisa beroperasi pada 2023.

 Baca Juga: Kepala BKPM hingga Menhub 'Jualan' Bandara Singkawang ke Investor

Nantinya badan usaha akan mendapatkan keuntungan dari biaya pengguna bandara. Selain itu pemerintah juga memprediksikan penerimaan bandara dari segi udara sebesar Rp15,9 triliun, dan dari segi non udara sebesar Rp2,1 triliun.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini