nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Masalah, Ini Kriteria Ideal Sosok Dirjen Pajak

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 13:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 10 20 2115167 banyak-masalah-ini-kriteria-ideal-sosok-dirjen-pajak-VVjeFKJpSr.jpg Sosok Ideal Dirjen Pajak (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Dalam hitungan hari, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Robert Pakpahan akan memasuki masa pensiun pada 20 Oktober 2019. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun harus segera mencari penggantinya untuk memimpin Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

 Baca Juga: Kapan Ditjen Pajak 'Cerai' dari Kemenkeu?

Praktisi bisnis Roy Sembel membeberkan kriteria yang cocok menjadi Dirjen Pajak baru untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pajak di Indonesia.

"Perlu ada orang yang leadership-nya kuat, tidak tradisional seperti yang lalu-lalu," ujar Roy di Restoran Tjikini Lima, Kamis (10/10/2019).

 Baca Juga: Sri Mulyani Masih Tertutup soal Pengganti Dirjen Pajak Robert Pakpahan

"Dia harus bisa berada di tengah untuk mengelola organisasi jadi lebih good governance, menggunakan teknologi yang state of art, kompeten, sudah punya pengalaman, dan punya network kuat biar," tambahnya.

Menurutnya, perpajakan di Indonesia memiliki sangat banyak masalah. Dengan demikian, dibutuhkan penunjukkan orang yang tepat di posisi pemimpin lembaga perpajakan.

"Kita (Indonesia) punya banyak sekali problem di perpajakan. Tapi tenang, ada solusinya. Caranya dengan menaruh orang yang tepat di kepala perpajakan," katanya.

 Sosok Ideal Dirjen Pajak yang Baru

Dia berharap, nantinya Dirjen Pajak yang terpilih tidak dipilih secara asal. Roy mengingatkan kalau career path dari calon Dirjen Pajak harus jelas.

"Jangan asal taruh jabatan, career path dari orang tersebut harus jelas. Jadi, saya harap orang ini bisa memberikan ide brilian. Contohnya adalah membuat masyarakat bangga jika membayar pajak karena turut membangun negara ini," katanya.

Sayangnya, Roy enggan menyebut nama dari calon Dirjen Pajak terbaik pilihannya. Maka dari itu dirinya hanya mau membeberkan kriterianya saja. Menurutnya, tidak etis jika menyebut namanya sekarang.

 Pajak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini