nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan di Mal vs Warung Nasi, Selamatkan Dompet dari Gaya Hidup

Delia Citra, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 19:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 11 320 2115820 makan-di-mal-vs-warung-nasi-selamatkan-dompet-dari-gaya-hidup-WYbZQSWJ4O.jpg Isi dompet (Foto; Zawya)

JAKARTA - Mengelola finansial perlu dilakukan untuk mendapatkan hidup yang sejahtera. Sekecil dan sebesar apapun keuangan kamu, bila tidak dikelola dengan baik pastinya tak selalu cukup.

Sebenarnya, besar kecil pendapatan kamu bisa dikelola dengan baik. Hal ini tergantung dari kebiasaan hidup kamu.

 Baca juga: Generasi Milenial Diajak Bijak Kelola Keuangan di Era Industri 4.0

Kebiasaan hidup yang boros pastinya tidak akan sadar mengenai keteraturan keuangannya. Jika tidak ingin pengeluaran semakin memboros, pastinya harus ada pos yang dikurangkan.

 Dompet

Menurut Penasihat Keuangan Ahmad Ghazali, pos pengeluaran yang dapat dikurangi pastinya yang bersifat fleksibel dan berisiko rendah. Selain itu, gaya hidup kamu juga harus dijaga dengan bijak. Gaya hidup yang tinggi akan membuat keuangan kamu terkuras.

 Baca juga: Milenial Harus Punya 3 Kemampuan Ini jika Ingin Investasi

"Maka enggak ada salahnya untuk deteksi gaya hidup mana yang bisa dibenahi agar bisa lebih sehat secara keuangan," ujarnya saat dihubungi pihak Okezone, Jumat (11/10/2019).

Gaya hidup pun bisa dikurangi dari makan di luar, belanja bahan makanan yang terlalu berlebihan. Dirinya pun memberi saran untuk mengurangi pengeluaran sehari-hari kamu. Hal ini bisa dimulai dari pengeluaran makan siang.

"Karena jika jatah makan siang Rp50.000 per hari misalnya, maka kita cenderung cari makan siang dengan harga segitu. Makan di mal sudah bisa dong dengan Rp50.000 per hari. Tapi kalau budget makan siang Rp15.000 per hari, maka kita akan cari Warteg," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini