nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Akan Resmikan Jembatan Holtekamp Sabtu Ini

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 24 470 2121246 jokowi-akan-resmikan-jembatan-holtekamp-sabtu-ini-4NE4nIf8KS.jpg Jembatan Holtekamp Jayapura, Papua. (Foto: Okezone.com/Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan meresmikan Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua. Hal tersebut sekaligus dalam rangka kunjungan kerja Presiden ke Papua.

"Katanya Sabtu (diresmikan Presiden). Dirjen kami sudah ke sana," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Baca Juga: Pembangunan 6 Jembatan dan Jalan Lingkar Morotai Dilanjutkan

Sebenarnya, kata Basuki, selain meresmikan Jembatan Holtekamp di Jayapura, ada kegiatan Presiden lainnya di Papua. Seperti melakukan kunjungan pasca kerusuhan di Jayapura dan Wamena.

"Ada,ada (kegiatan lain), pasti melihat yang sedang dilaksanakan setelah kerusuhan ada di Jayapura, Wamena, itu fixednya jadwalnya rutenya belum dapat.

Jembatan Holtekamp

Sebagai informasi, Jembatan Holtekamp berada dipinggir pantai Holtekamp dan terletak di atas Teluk Youtefa. Jembatan ini menghubungkan Hamadi menuju Holtekamp sepanjang kurang lebih 1.800 meter dan lebar 17 meter.

Baca Juga: Jembatan Holtekamp Papua Belum Bisa Diresmikan Jokowi, Ini Alasannya

Diketahui, jembatan ini pun akan memangkas waktu tempuh dari Jayapura menuju perbatasan Skouw, dari semula 2,5 jam menjadi 60 menit.

Jembatan Holtekamp karya anak bangsa menjadi ikon baru Kota Jayapura. Pasalnya, jembatan ini menyajikan desain yang mencolok dengan warna merah.

Selain mencolok, jembatan ini juga memiliki desain yang kuat dengan berdiri kokoh dan menawan di atas Teluk Youtefa. Tak heran, jembatan ini dirancang bisa berdiri kokoh hingga 100 tahun ke depan.

Jembatan Holtekamp yang memiliki panjang 1.328 meter, yang terdiri dari panjang jembatan utama 433 meter, jembatan pendekat sepanjang 895 meter. Selain dibangun 400 meter jalan akses ke jembatan pendekat arah Hamadi dan 7.410 meter arah Holtekamp.

Jembatan ini juga terdiri dari dua bentang utama dengan pelengkung baja. Masing-masing panjang bentang utama 150 meter, tinggi 20 meter dan berat 2.000 ton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini