nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bulan Inklusi Keuangan: Transaksi FinEXPO &Sundown Run 2019 Tembus Rp100 Miliar

Kamis 31 Oktober 2019 11:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 31 11 2123991 bulan-inklusi-keuangan-transaksi-finexpo-sundown-run-2019-tembus-rp100-miliar-5J0MIEuv6J.jpg Foto: Humas OJK

SEJAK tahun 2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan kementerian atau lembaga terkait beserta Lembaga Jasa Keuangan (LJK) lainnya telah menginisiasi bulan Oktober sebagai “Bulan Inklusi Keuangan”.

Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan ini dilakukan secara rutin setiap tahun selama bulan Oktober. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan serta mendorong akselerasi penambahan jumlah rekening maupun penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan. Kegiatan ini juga secara tidak langsung dapat meningkatkan sinergi dan kerja sama antar kementerian atau lembaga, LJK serta stakeholders terkait dalammengkampanyekan program-program inklusi keuangan.

ist

Sebagai bentuk dukungan LJK dalam pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan, LJK dari berbagai industri (perbankan, perasuransian, pasar modal, pembiayaan, dana pensiun, pergadaian, dan fintech) menginisiasi kegiatan Puncak Bulan Inklusi Keuangan melalui penyelenggaraan FinEXPO &Sundown Run sejak tahun 2018. Pada tahun ini, kegiatan tersebut diikuti oleh 86 LJK dengan dukungan penuh dari OJK dan Bank Indonesia (BI).

Adapun tema kegiatan FinEXPO &Sundown Run pada tahun 2019 adalah “Sinergi Aksi dalam Mewujudkan Inklusi Keuangan untuk Semua dan Perlindungan Konsumen yang Optimal” dengan tagline “Gapai Puncak Inklusi Perlindungan Makin Pasti”.

FinEXPO &Sundown Run pada tahun ini dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 17-20 Oktober 2019 di Kota Kasablanka dengan mengusung konsep kegiatan COMPACT (COMPetition, ACquisition, edutainmenT). Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa kompetisi sepertisundown run dengan jarak 5 KM dengan 2 kategori yaitu LJK challenge dan fun run, FinIdol Cilik, Journalist Writing Competitiondan Vlog Competition.

Bentuk AC quisitionyang dilaksanakan yaitu dengan pembukaan rekening dan pembelian produk dan/atau layanan jasa keuangan dalam expo inklusi keuangan. Tidak ketinggalan berbagai edutainment dipersembahkan dalam kegiatan ini yaitu berupa talkshow, performance LJK dan berbagai hiburan menarik lainnya.

Dalam kegiatan ini OJK, BI dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga melaksankan pencanangan “Sinergi Aksi Indonesia Menabung”yang merupakan salah satu implementasi dari diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) No 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus. Sinergi aksi ini juga melibatkan LJK dalam meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menabung untuk investasi, perlindungan dan masa depan.

Selama kegiatan FinEXPO &Sundown Run 2019 ini, 86 LJK yang berpartisipasi telah melakukanpenjualan produk dan/atau jasa keuangan berinsentif dengan berbagai promo khusus serta tawaran yang menarik hanya di bulan Oktober, dengan memberikan berbagai discount, bonus, cash back dan reward untuk konsumen dalam rangka membuka akses keuangan bagi masyarakat.

Berdasarkan data rekapitulasi dari LJK yang berpartisipasi selama 4 hari berlangsungnya kegiatan FinEXPO &Sundown Run 2019, tercatat jumlah nominal pembukaan rekening baru dan transaksi telah menembus angka hinggaRp100 miliar. Sedangkan jumlah pembukaan rekening baru dan transaksi adalah sebanyak 23.843.

Hal tersebut tentu menunjukkan bahwa dengan adanya kegiatan FinEXPO &Sundown Run 2019 dapat meningkatkan awareness dan mendorong minat masyarakat untuk menggunakan produk dan/atau layanan jasa keuangan.

Dengan adanya kegiatan ini sebagai agenda nasional yang dilakukan secara berkesinambungan pada bulan Oktober setiap tahunnya, diharapkan akan semakin memperkuat komitmen dan dukungan dari seluruh stakeholders dalam rangka implementasi Perpres tentang SNKI dan Keppres tentang HIM. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang positif khususnya dalam pemenuhan dan peningkatan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia serta pencapaian target indeks inklusi keuangan sebesar 75% pada akhir tahun 2019 sebagaimana tercantum dalam SNKI. (cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini