nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Izin E-Commerce Dipermudah, Mendag Agus Siapkan Permendagnya

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 13:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 09 320 2139673 izin-e-commerce-dipermudah-mendag-agus-siapkan-permendagnya-Lh1QeN3kns.jpg Mendag Agus Suparmanto (Foto: Okezone.com/Giri Hartomo)

JAKARTA - Pemerintah mengeluarkan aturan untuk mempermudah perizinan e-commerce lewat Peraturan Pemerintah nomor 80 tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Namun, dalam aturan ini, pemerintah mewajibkan pelaku usaha online memiliki izin.

Menteri Perdagangan Agus Supramanto mengatakan, dikeluarkannya aturan ini adalah untuk melindungi konsumen dan juga para pelaku usaha. Karena para pelaku e-commerce harus menyetorkan datanya kepada Kementerian Perdagangan.

 Baca juga: Soal PP Izin Usaha E-commerce, Mendag: UKM Juga Harus Berizin

"Oh iya semua ini biar terdaftar secara lengkap supaya konsumen terlindungi juga jadi pembeli juga dan penjualnya jelas produknya jelas," ujarnya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/11/2019).

 Agus Suparmanto

Menurut Agus, nantinya pemerintah akan segera membuat aturan turunannya lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag). Pihaknya juga sudah mendapatkan masukan-masukan dari para pelaku usaha terkait aturan turunnya tersebut.

 Baca juga: E-Commerce Dharma Pertiwi Diluncurkan, Angela Tanoesoedibjo: Teknologi Digital Partner Industri Kreatif

"Jadi kita akan proses aturan turunannya. Hal-hal yang tadi beberapa hal juga kita sudah mendapatkan masukan mengenai apa saja aturan turunannya mengenai PP 80. Tujuannya adalah untuk melindungi pelaku usaha dan konsumen," jelasnya.

Agus menambahkan, mengenai teknis perizinannya nantinya semua proses perizinannya bisa melalui Online Single Submission (OSS). Para pelaku UMKM juga hanya cukup untuk mendaftarkan kepada perusahaan E-commercenya saja.

 Baca juga: 3 Alasan Mengapa Bisnismu Harus Gunakan Transaksi Digital

"Betul itu juga salah satu kemudahan jadi nanti semua kita mempermudah. Kita mendaftarkan izin atau apanya tidak perlu datang. Jadi ada online juga semuanya pada dasarnya seperti itu," jelasnya.

Agus menambahkan, dengan adanya aturan ini diharapkan ekspor produk Indonesia ke luar negeri bisa meningkat. Apalagi ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk mempermudah perizinan ekspor.

"Sekarang ini dimudahkan dan juga dipercepat. Sesuai arahan semua ijin usaha ini harus dimudahkan. Terutama dalam hal hal yang berkaitannya dengan ekspor. Apalagi e-commerce ini kaitannya dengan ekspor menyangkut kebijakannya dengan ekspor," jelasnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan, sebelum membuat aturan turunannya pihaknya meminta masukan kepada para pelaku usaha.

“Kami melaporkam kegiatan terkait forum e-commerce 2019, forum ini temanya optimalisasi daya saing produk dalam negeri, bertujuan sosialisasi kebijakan terkait e-commerce dan menyamakan pemahaman antara pelaku usaha dan pemerintah, pelaku usaha besar, menengah, kecil," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini