nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Middle Class Pilih Menabung Ketimbang Konsumsi

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 14:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 320 2139700 masyarakat-middle-class-pilih-menabung-ketimbang-konsumsi-KtTaPu1rPn.jpg Investasi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

MANGGARAI BARAT - Perekonomian Indonesia memang sangat tergantung kepada konsumsi rumah tangga. Walau begitu, pola konsumsi rumah tangga mengalami perubahan sekarang ini.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Endi Dwi Tjahyono mengatakan, rumah tangga kelas menengah (middle class) kini beralih menggunakan penghasilannya dari konsumsi menjadi investasi dan tabungan.

Baca Juga: Akademisi, Pengusaha hingga Pemerintah Kumpul Bareng Bahas Ekonomi Inklusif

"Middle class ke atas mengalami shifting," jelas Endi dalam acara Pelatihan Wartawan Bank Indonesia di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin (9/12/2019).

Investasi

Konsumsi oleh rumah tangga kelas menengah ke bawah juga tampaknya tertekan. Hal ini terlihat dari nilai tukar petani yang relatif mengalami penurunan.

Walau begitu, upah minimum regional (UMR) mengalami kenaikan pada 2020. Hal ini dinilai cukup bagus, karena akan menopang konsumsi ke depannya.

Baca Juga: Pensiun Wapres, Jusuf Kalla Bosan Setiap Hari Terasa Sabtu

Walau begitu, dalam jangka pendek ini, Natal dan Tahun Baru akan menjadi momentum masyarakat untuk meningkatkan konsumsinya.

"Target kami konsumsi rumah tangga naik jadi 5,02% pada kuartal IV. Lebih besar dari kuartal III yang 5,01%. Secara keseluruhan, konsumsi rumah tangga bisa menjadi 5,05% pada 2019," kata dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini