nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Banjir, 8 Perabotan di Rumah yang Perlu Diwaspadai

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 18:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 05 470 2149522 pasca-banjir-8-perabotan-di-rumah-yang-perlu-diwaspadai-unoE6I7dBV.jpg Rumah Banjir (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Jika rumah kebanjiran, hal yang harus menjadi prioritas adalah keselamatan. Usahakan menjauh dari segala sesuatu yang berbahaya sampai benar-benar pihak berwenang memastikan kondisi tersebut aman.

Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika musibah banjir datang. Misalnya berhati-hatilah di sekitar peralatan gas seperti gas LPG dan peralatan listrik.

Sebab benda-benda yang basah terkena air bisa menjadi berbahaya jika bersentuhan dengan tangan kosong. Selain itu masih ada beberapa benda lainnya juga yang harus menjadi perhatian kalian ketika bencana banjir datang.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Basuki Bersiap Hadapi Puncak Musim Hujan di Pertengahan Januari

Melansir dari pauldavis.com, berikut ini barang-barang yang harus diperhatikan saat banjir, seperti dikutip Minggu (5/1/2020).

1. Plester

Bahan ini tidak harus diganti tetapi butuh waktu yang sangat lama untuk kering. Jika sudah retak atau bengkok, perlu diganti.

2. Insulasi

Lembaran insluasi busa hanya perlu disemprot dan dikeringkan. Insulasi selulosa yang terbuat dari kertas yang perlu dilepas dan diganti.

Bak Tsunami, Kondisi Perumahan Pondok Gede Permai usai Banjir 

3. Kayu solid

Mebel dan benda kayu solid dapat melengkung dan retak setelah banjir, tetapi masih dapat digunakan ketika benar-benar kering.

4. Papan partikel dan kayu laminasi

Bahan ini dapat terpisah dan melemah setlah basah dan perlu diganti.

5. Stud dan framing kayu

Pilari-pilar ini akan baik-baik saja jika sudah kering. Harus didesinfeksi dan biasanya tidak diganti .

Baca Juga: Antisipasi Banjir Susulan, Rel di Cengkareng Bakal Ditinggikan

6. Pipa dan kabel listrik

Banjir dapat merusak pipa dan kabel listrik. Yang harus diperhatikan bekerja sama dengan kontraktor untuk melihat kerusakannya.

7. Peralatan gas

Harus dibersihkan dan diperiksa sebelum digunakan.

8. Alat pemanas, ventilasi dan AC

Unit pemanas dan pendingin yang terkena banjir dapat merusak sistem kelistrikan internal dan memadamkan lampu. Ventilasi juga dapat terkontaminasi. Yang harus dilakukan disemprot satu per satu untuk mencegah kontaminasi tertiup ke udara.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini