UEA Akan Investasi ke PLTS Terapung di Waduk Cirata

Irene, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 320 2152803 uea-akan-investasi-ke-plts-terapung-di-waduk-cirata-ZMPGu4vgRs.jpg PLTS (Reuters)

JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung di Waduk Cirata diproyeksikan menjadi PLTS yang sukses memecah rekor pembangkit bertenaga surya terbesar di ASEAN. Hal ini dapat tercapai atas kesepakatan investasi Uni Emirat Arab dengan Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Prbadi menjelaskan PLTS ini akan dibangun oleh perusahaan energi baru terbarukan (EBT) dari UEA. Nantinya PLTS ini akan memiliki kapasitas 145 mega watt peak (MWp).

"Perusahaan energi baru terbarukan (EBT) Masdar, yang berbasis di Abu Dhabi, PEA, nantinya akan bermitra dengan PT Pembangkit Jawa Bali Investasi (PJBi) membangun PLTS Terapung Cirata sebesar 145 Mega Watt Peak (MWp)," ujar Agung, seperti dilansir setkab.

Sedangkan nilai investasi Uni Emirat Arab (UEA) dalam beberapa proyek di Indonesia kerja sama dengan UEA adalah mencapai angka USD22,89 miliar untuk total 16 proyek. Sementara menurut Agung, investasi UEA dalam PLTS ini berkisar angka Rp1,8 triliun.

Baca Selengkapnya: Pecahkan Rekor ASEAN, UEA Bakal Investasi Rp1,8 Triliun di PLTS Terapung Cirata

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini