nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kendalikan Banjir Semarang, PUPR Bangun Bendung Gerak di KBB

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 20 320 2155289 kendalikan-banjir-semarang-pupr-bangun-bendung-gerak-di-kbb-OzrnmcJpHI.jpg Bendung Gerak Semarang (IG KPUPR)

JAKARTA – Tindakan mengendalikan banjir tidak hanya dilakukan di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang sering kali menjadi langganan banjir. Ibukota provinsi Jawa Tengah juga melakukan pengendalian banjir.

Pengendalian banjir ini bernama Pembangunan Bendung Gerak di Kanal Banjir Barat (KBB). Bendung Gerak saat ini sudah selesai dibangun dan telah beroperasi.

 Baca juga: Tips Antisipasi Tersengat Listrik di Tengah Musim Hujan

“Bendung tersebut berfungsi sebagai penahan intrusi air laut dan menjaga debit air, serta penggelontoran (flushing) sedimen sungai untuk pengendalian banjir di wilayah barat Kota Semarang,” tulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui akun Instagram resminya @kemenpupr, Senin (20/1/2020).

Pembangunan Bendung Gerak di KBB ini secara padu dikerjakan dari hulu sampai hilir oleh Kementerian yang dipimpin oleh Menteri Basuki Hadimuljono ini.

 Baca juga: Bendungan Kering Ciawi dan Sukamahi Siap Tangkal Banjir Jakarta

“Mulai dari pembangunan Bendungan Jatibarang pembangunan kanal banjir, normalisasi sungai, tanggul rob, stasiun pompa, kolam retensi, hingga bendung gerak,” lanjut Kementerian PUPR.

Sebelumnya, Kementeria PUPR juga sedang dalam proses membangunn Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Nantinya kedua bendungan ini akan menampung air dan memperlambat aliran air hujan ke daerah yang lebih rendah. Fungsi utama kedua bendungan ini adalah untuk mengurangi resiko banjir di Jakarta.

 Baca juga: Tips Aman Menyimpan Dokumen Pribadi, Agar Aman walau Kebanjiran

Kedua bendungan kering ini merupakan bendungan kering pertama yang ada di Indonesia. Saat ini progres penyelesaian Bendungan Ciawi telah mencapai 45%, sedangkan Bendungan Sukamahi sedang mendekati 40% penyelesaian.

Sampai saat ini unggahan milik Kementerian PUPR telah disukai sebanyak 2.944 kali dan dikomentari sebanyak 35 kali. Berikut komentar-komentar warganet:

“Terima kasih pak Basuki dan kemenpur..,” imbuh akun @b*m*d*br*tt*.

“Istimewa terima kasih banyak atas karya Kemenpupr dan Pak Basuki... ,” tulis @*ndr*_r*j*ndr*.

“Trimakasih Kemen PUPR yg telah Berkolaborasi dgn Pemerintah Daerah dalam menangani dan mencegah terjadinya banjir di Kota Semarang. Sepertinya di Banjir Kanal Timur juga masih terus dikerjakan oleh BWS...,” komentar akun @m*ry*nt*y*l*.

“Akhirnya bedung gerak BKB Semarang operasional,” kata @*r*spr*s*ty*.c*k*b.

“hebat @kemenpupr maju terus, semangat membangun indonesia,” tulis akun @s*bb*th*n*8.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini