nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri ESDM Buka Peluang Swasta Terlibat Penyediaan Listrik Murah

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 12:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 20 320 2155390 menteri-esdm-buka-peluang-swasta-terlibat-penyediaan-listrik-murah-7DEVOjcuvz.jpg Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong penyediaan listrik dengan tarif yang murah. Beberapa strategi sudah disiapkan oleh pemerintah untuk menghadirkan tarif listrik murah.

Baca Juga: kWh Meter Muncul Tulisan "Periksa"? Jangan Disepelekan

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, salah satu langkah yang disiapkan adalah dengan melibatkan swasta dalam penyediaan tarif listrik yang terjangkau. Selain itu, Pemerintah melakukan komunikasi yang intens dengan PLN supaya tetap menjalankan penugasan-penugasan dari Pemerintah di remote area.

"Intinya, agar elektrifikasi 100% betul-betul dinikmati oleh masyarakat," ujarnya mengutip dari halaman Kementerian ESDM di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Baca Juga: Waspadai Kebocoran Arus Listrik, Kenali Sebabnya

Selama ini, ungkap Arifin, harga jual yang diterapkan hanya sekian persen saja dara Biaya Pokok Penyediaan listrik (BPP) rata-rata. Namun nantinya, dengan skema baru, masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk membangun kemandiriannya sendiri agar tarif listriknya bisa lebih murah

"Nanti kita per region, per jenis energi agar masyarakat setempat berpartisipasi membangun kemandirian," ucapnya.

Kendati demikian, bukan berarti pemerintah akan membebaskan pihak swasta dan masyarakat untuk bertindak semaunya. Sebab, pemerintah akan mengontrol semua izin pengusahaan listrik agar tidak terjadi penyimpangan dan terjadi pemerataan bisnis ekonomi.

"Ke depannya kita memperhatikan izin-izin pengusahaan (listrik) ini agar jangan diperjualbelikan," kata Arifin.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini