nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Syarat Ini Sebelum Ekspor Keramik dan Porselen

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 14:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 320 2155504 perhatikan-syarat-ini-sebelum-ekspor-keramik-dan-porselen-RIMX3B33Dc.png Ekspor Keramik dan Porselen. (Foto: Okezone.com/Instagram Kemendag)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan mengatakan, jika ada yang ingin mengekspor keramik dan porselen ke negara Uni Eropa harus memerhatikan persyaratan teknisnya. Hal ini mengingat kedua produk tersebut menjadi salah satu barang yang sering diekspor ke luar negeri.

Kemendag mengatakan, bagi yang akan melakukan kegiatan ekspor keramik dan porselen yang digunakan untuk makanan ke Eropa maka harus memahami dan menaati peraturan umum. Peraturan tersebut mencakup kebersihan makanan hingga barang.

Baca Juga: Sasar Milenial AS, Ekspor Kombucha Capai Rp47,8 Miliar

"Untuk keramik dan porselen yang penggunaannya bersentuhan langsung dengan produk pangan, jika ingin dieskpor ke Uni Eropa, maka harus mematuhi peraturan umum mengenai kebersihan makanan, bahan, dan barang yang bersentuhan dengan makanan," tulis Kemendag yang dilansir dari akun Instagramnya pada Senin (20/1/2020).

Baca Juga: Turun, Ekspor Sepanjang 2019 Capai USD167,53 Miliar

Eksportir juga harus memerhatikan peraturan turunanya. Mereka juga harus menaati peraturan tentang bahan keramik yang bersentuhan langsung dengan bahan makanan.

Peraturan tersebut berisi tentang ambang batas aman kemungkinan migrasi timah dan kadmium dari barang keramik ke makanan. Ini dimaksudkan agar produk yang dieskpor aman untuk digunakan.

Bila ingin mengetahui syarat-syaratnya secara detail, dapat mengecek di situs resmi yang berisikan persyaratan mutu pasar internasional.

Kemendag mengingatkan agar eksportir harus selalu memerhatikan persyaratan dan prosedur sebelum melakukan kegiatan ekspor.

"Selalu perhatikan persyaratan dan prosedur yang dibutuhkan sebelum melakukan ekspor ke negara tujuan, ya, Kawaniaga," ujarnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini