nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terpaksa Jual Bisnis Surat Kabar, Begini Kecintaan Warren Buffet pada Koran

Vania Halim, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 16:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 30 320 2160758 terpaksa-jual-bisnis-surat-kabar-begini-kecintaan-warren-buffet-pada-koran-6GjCf1R9yv.jpg Warren Buffet. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Warren Buffet melalui perusahaannya Berkshire Hathaway menjual bisnis 31 surat kabarnya kepada Lee Enterprises senilai USD140 juta. Surat kabar yang dijual di antaranya, The Omaha World, Buffett’s home-town daily dan The Buffalo News.

Buffett mengakui bisnis media cetak saat ini dalam masa kesulitan di tengah persaingan dan hadirnya berbagai sumber berita dari internet alias media online. Hal ini pun sudah disampaikan kepada para pemegang saham pada 2009, Di mana Buffet mengatakan, kerugian bisnis surat kabar tidak berujung.

Baca Juga: Warren Buffett Jual Rugi Seluruh Bisnis Media Cetak Miliknya

Melansir CNBC, Kamis (30/1/2020), Buffet merupakan salah satu orang yang suka dengan media cetak. Dirinya membaca lima surat kabar setiap hari.

Karena kecintannya ini, pada 1968, Berkshire membeli The Omaha Sun. Kemudian di 1973, surat kabar ini menjadi mingguan pertama yang dianugerahi hadiah Pulitzer atau media teratas karena mampu melakukan penyelidikan ke dalam keuangan Kota Boys, sebuah badan amal setempat.

Baca Juga: Saham Perusahaan Warren Buffet Catat Kinerja Terburuk pada 2019

Pada 1977, Berkshire membeli The Buffalo News. Karena kedekatan Buffett dengan Stan Lipsey dari Sun, dirinya meminta Lipsey untuk membantu menjalankan bisnisnya tersebut. Dia membantu koran itu bertahan dalam perang sirkulasi dengan saingannya pada 1980-an.

Pada 2010, beberapa skeptis atau sikap kurang percaya terhadap keberlangsungan bisnis media cetak muncul. Namun, karena kecintaaan Buffet pada surat kabar, dirinya tidak merelakan usahanya ini tidak menghasilkan uang untuk Berkshire.

Kemudian pada 2013, para pemegang saham Berkshire mempertanyakan keputusan Buffet tersebut. Mengapa ia membeli bisnis kecil yang berjuang daripada menempatkan uang perusahaan ke dalam sesuatu yang lebih besar dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi.

Buffett pun merespons tentang keuntungan pajak dan harapannya untuk bisa kembali menjalankan bisnis tersebut. Tapi dirinya mengakui bahwa keuntungan apa pun tidak akan menggerakkan keuangan Berkshire.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini