Buka Usaha Kuliner, Jangan Lupa Izin dari Institusi Kesehatan

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 320 2162145 buka-usaha-kuliner-jangan-lupa-izin-dari-departemen-kesehatan-35z8EyyA6k.jpg Laporan Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Membuka usaha rumahan atau home industry di bidang kuliner tentunya harus mendapatkan legalisasi atau izin usaha dari lembaga pemerintah yang berwenang.

Sebelum mengajukan legalisasi, kamu harus mempersiapkan produk makanan atau minuman. Mulai dari nama produk, desain produk, warna dan logo produk, hingga komposisi bahan yang terkandung pada produk.

Baca Juga: Beda Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan, dari Dapur hingga Uang Sewa

Menurut buku ‘38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta’ karya Yuyun A yang terbit pada 2010, Jakarta, Minggu (2/2/2020), mendapatkan izin usaha dari Departemen Kesehatan tergolong sangat mudah.

Kamu hanya cukup mendatangi Dinas Kesehatan setempat, lalu mengisi formulir yang disediakan, dan mengikuti penyuluhan tentang pangan yang aman.

Baca Juga: Mau Bisnis Jus? Pemilihan Buah yang Paling Penting!

Setelah itu, pihak Dinas Kesehatan setempat akan melakukan pengecekan ke tempat usahamu. Jika bisnis rumahanmu sesuai standar, maka Dinas Kesehatan akan mengeluarkan izin edar berupa nomor Industri Rumah Tangga (IRT) atau izin jasa boga.

Namun, jika usahamu tidak sesuai standar akan dilakukan pembinaan. Dengan legalitas yang dikeluarkan Dinas Kesehatan, kamu tentunya dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan besar. Selain itu, dapat menjadi bukti kepada konsumen atau pembeli mu jika bisnis rumahan milikmu sudah sesuai standar keamanan pangan yang ditentukan oleh Dinas Kesehatan setempat. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini