Sukses Rintis Bisnis, Wirausaha Harus Tahan Banting

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 320 2168862 sukses-rintis-bisnis-wirausaha-harus-tahan-banting-biiMKIyXmI.jpg Inspirasi Bisnis (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Agar bisa sukses dalam berwirausaha, tanamkan mindset dalam diri seperti wirausaha yang sejati. Wirausahawan yang baik selalu bisa melihat setiap peluang yang ada menjadi bisnis, sementara orang lain tidak.

Pikir dan mulailah merancang peluang-peluang usaha apa yang bisa ditekuni dari sekarang. Peluang usaha tersebut bisa didapat dari pengalaman.

Berdasarkan buku "101++ Ide Jitu Peluang Usaha" karya Tim Gemini Writer yang terbit pada 2008, wirausahawan sukses harus mengembangkan jiwa dan pola pikir sebagai wirausaha yang tangguh agar berhasil mengembangkan usaha yang dirintis.

Baca Juga: Beda Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan, dari Dapur hingga Uang Sewa

Ada banyak langkah untuk mengembangkan pola pikir. Pertama, perluaslah pengetahuanmu. Jika tidak memiliki pengetahuan yang luas mengenai dunia bisnis, maka akan sulit untuk memulai usaha.

Maka dari itu, perluaslah pengetahuan sebelum memulai usaha. Caranya yaitu melatih diri setiap hari dengan belajar dari orang lain, mengikuti berbagai kursus, seminar, atau membaca buku tentang kewirausahaan dan tokoh-tokohnya yang berhasil sehingga bisa menginspirasi dan memotivasi diri dalam berwirausaha.

Selain itu, jangan lupa untuk membina jaringan kerja (relasi). Selain pengetahuan, kita juga perlu membina jaringan kerja dengan berbagai sektor bisnis yang akan ditekuni. Jaringan kerja ini akan memiliki andil untuk melancarkan urusan dalam berbisnis.

Baca Juga: Mau Bisnis Jus? Pemilihan Buah yang Paling Penting!

Lalu, pikirkan untuk memulai bisnis yang sederhana saja. Banyak perusahaan besar yang dulunya hanya bisnis kecil. Usaha yang tumbuh dari kecil akan diterpa cobaan selama perjalanan usahanya sampai menjadi besar dan berhasil berkembang.

Untuk berwirausaha harus memiliki otak yang kreatif dan inovatif. Ini adalah prinsip dasar yang harus dimiliki wirausahawan. Kita dituntut kreatif dalam menemukan ide-ide baru dengan inovasi. Setelah usaha berjalan, seorang wirausaha juga harus terus mengembangkan ide-ide kreatifnya untuk kemajuan usaha.

Selain itu wirausahawan sukses harus bersikap positif dalam memulai sebuah usaha. Yakinkan diri bahwa dengan membuka usaha akan mampu memiliki penghasilan setiap hari dan lebih besar dari sebelumnya.

Buanglah jauh-jauh pikiran kelemahan diri yang dapat menghalangi kemajuan dalam berbisnis. Wirausahawan harus sabar, pantang menyerah, terus belajar, dan selalu melihat permasalahan secara positif.

Sukses itu didapat dengan penuh perjuangan dan pengorbanan. Langkah ini tidak akan membuatmu mundur kalau sudah berhasil mengubah mindset ke dalam diri.

Jatuh bangun dalam dunia bisnis itu biasa. Namun, nanti kamu akan bangun dan menjadi lebih kuat. Dari situlah kamu akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi berbagai kondisi.

Wirausahawan yang sukses adalah mereka yang berhasil melewati kendala dalam menjalankan bisnis dan mampu membesarkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini