nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Bersaing dengan Singapura Jadi Silicon Valley

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 16:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 470 2170942 jakarta-bersaing-dengan-singapura-jadi-silicon-valley-XMnt1z9MlB.jpg Jakarta (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kota-kota besar di Asia Tenggara, termasuk Jakarta dan Ho Chi Minh, sekarang bersaing dengan Singapura untuk menjadi Silicon Valley berikutnya.

"Sebagai negara dengan populasi nomor 4 terpadat di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia adalah pasar pertumbuhan besar bagi perusahaan-perusahaan teknologi dan operator ruang kerja bersama," kata Kepala Riset JLL Indonesia James Taylor dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/2/2020).

Baca Juga: Perusahaan TI Sesaki Ruang Perkantoran Premium

Secara khusus, ekosistem perusahaan start-up teknologi yang tumbuh dengan cepat mengalihkan perhatian sebagian penanam modal dan investor ekuitas swasta dari Singapura.

Pada akhirnya, mereka dapat bersaing dengan Singapura yang memiliki posisi sebagai pusat investasi dan inovasi di Asia. Di Singapura, menurut Singapore Economic Development Board (EDB), 80 dari 100 perusahaan teknologi global teratas, dan lebih dari 4.000 perusahaan baru yang tumbuh di dalam negeri dan internasional dari seluruh dunia telah beroperasi di Singapura.

Baca Juga: Biaya Sewa Kantor Premium Jakarta Termahal ke-55 di Dunia

Mereka termasuk perusahaan-perusahaan internet seperti Google, Facebook dan LinkedIn, perusahaan-perusahaan ekonomi baru yang bergerak di bidang e-commerce atau bisnis online seperti Shopee, Razer dan Grab, serta produsen perangkat keras teknologi seperti Acer, Apple, Dell dan Siemens.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini