Kenali Jenis-Jenis Keluhan Pelanggan demi Reputasi Bisnis

Vania Halim, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 320 2172053 kenali-jenis-jenis-keluhan-pelanggan-demi-reputasi-bisnis-jTkEUKrIGp.jpg Pelanggan (Reuters)

JAKARTA - Pebisnis kecil maupun besar pasti merasakan “diserang” berbagai macam keluhan. Keluhan pun bisa menjadi pembelajaran bagi para pebisnis.

Ketika keluhan pelanggan bisa diatasi dengan baik, kepercayaannya pada bisnis kita akan semakin meningkat. Berita baiknya, pelanggan yang puas bisa menyebarkan kehebatan bisnis kita pada orang lain. Sehingga calon pelanggan akan tertarik dan siap menjadi pelanggan kita.

 Baca juga: 5 Bisnis Sektor Pertanian yang Menguntungkan untuk Milenial

Mengutip buku 1/2 Karyawan 1/2 Bos: 33 Jurus Sukses Berbisnis Kala Masih Kerja oleh Supardi Lee dan Noval Ramsis, Jakarta, Sabtu (22/2/2020), Pelanggan mengeluh karena berbagai sebab, di antaranya:

1. Produk/Jasa kita tak sesuai standar kualitasnya.

2. Pelayanan yang kurang baik, kurang ramah, dan kurang cepat.

3. Fasilitas kita kurang memadai.

4. Harga produk/jasa dipandang terlalu mahal dibandingkan pesaing.

5. Konsumennya yang mengada-ada.

 Baca juga: Cara Memikat Konsumen, Cermati Perilaku hingga Seleranya

Dalam buku tersebut, mencontohkan bagaimana Bob Sadino dalam berbisnis. Dirinya pernah menaruh telur busuk dengan sengaja di antara telur-telur yang bagus.

Ia ingin pelanggan pelanggannya mengeluh supaya ia bisa menunjukan kehebatannya. Ia ingin pelanggan mengisi peran WoM bagi bisnisnya.

Memang ide bisnis yang agak gila, tapi manjur untuk dicoba. Buktinya, Bob Sadino berhasil meraih kepercayaan para pelanggannya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini