Harga Jahe Tembus Rp75.000/Kg, Ini Ternyata Manfaatnya

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 320 2180065 harga-jahe-tembus-rp75-000-kg-ini-ternyata-manfaatnya-LLC9yRzQZh.jpg Harga Jahe Naik. (Foto: Okezone.com/NDTV)

JAKARTA - Penyebaran virus korona atau Covid-19 belum terkendali karena semakin meluas ke banyak negara termasuk Indonesia. Saat ini pun masih dilakukan penelitian dan upaya memitigasi virus tersebtu.

Menurut Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga (Unair) Chaerul Anwa Nidom, penangkal virus korona berasal dari tumbuhan yang mengandung kurkumin. Di mana tumbuhan yang mengandung kurkuma tersebut cukup mudah ditemukan.

Baca Juga: Biasanya Rp15.000/Kg, Kini Harga Jahe Capai Rp75.000

"Tumbuhan ini juga biasa dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Yang pasti, tumbuhan-tumbuhan asli Indonesia ini bagus untuk kesehatan tubuh," tulis Kementan dalam akun Instagramnya, Minggu (8/3/2020).

Tumbuhan yang mengandung kurkumin atau kurkuma cukup mudah ditemukan,berikut tanaman yang bisa mencegah virus korona:

- Jahe

Memiliki kandungan senyawai kimia zingirona, gingerol, dan zingiberol. Kandungan ini dapat mengatasi batuk, membangkitkan nafsu makan, mengatasi mulas, perut kembung, obat gatal, dan salesma.

Baca Juga: Penjualan Komoditas Rempah Terhajar Bumbu Kemasan

Alhasil, harga jahe pun meroket tajam. Pasalnya, tingginya permintaan tidak bisa diimbangi dengan pasokan yang memadai.

“Jahe sekarang Rp50.000 per kg, biasanya Rp15.000-Rp35.000. Bahkan ada yang jual jahe seharga Rp70.000. Ada yang jual Rp75.000,” kata Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri.

- Temulawak

Mengandung banyak senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya, pada rimpang temu lawak, terdapat zat turmerol dan fellandrean yang dikenal dengan minyak menguap.

Temulawak juga mengandung kurkuminoid (terdiri atas desmetoksikurkumin dan kurkumin). Kurkumin berfungsi sebagai acnevulgaris, sebagai anti radang (anti inflamasi) dan anti hipototoksik (anti keracunan empedu), menetralkan racun, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan sekresi empedu.

- Kunyit

Kunyit diakui membawa banyak manfaat pada tubuh. Khasiat yang dapat diperoleh di antaranya ramuan anti peradagan, mengobati asam lambung, mengurangi produksi gas pada pencernaan, meredakan sakit perut akibat irritable bowel syndorm, mengurangi mual, dan meredakan diare.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini