nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suntik LMAN Rp10,5 Triliun, Kemenkeu Pastikan Proyek Infrastruktur Berjalan Lancar

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 12:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 12 320 2182134 suntik-lman-rp10-5-triliun-kemenkeu-pastikan-proyek-infrastruktur-berjalan-lancar-AZr80L5wuV.jpg Proyek Jalan Tol. (Foto: Okezone.com/Dok. PUPR)

JAKARTA - Infrastruktur masih menjadi fokus pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Bahkan di tengah virus korona, infrastruktur menjadi andalan dalam memobilisasi pendapatan negara untuk stabilitas ekonomi.

Karena infrastruktur menjadi urat nadi untuk menggenjot perekonomian, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah menyiapkan anggarannya untuk mempercepat pembangunan. Di mana anggaran tersebut diberikan melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Badan Layanan Umum Lembaga Manajemen Aset Negara (BLU LMAN).

Baca Juga: Tawarkan 5 Proyek KPBU, Kementerian PUPR: Tidak Pernah Gagal

#UangKitaBuatApa? Tahun ini, pemerintah memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp10,5 triliun kepada @blu.lman sebagai BLU di bawah @KemenkeuRI untuk memastikan proyek infrastruktur Indonesia bisa berjalan lancar," tulis Kemenkeu, dalam akun Instagramnya, Kamis (12/3/2020).

Baca Juga: Investasi Infrastruktur Diharapkan Jaga Stabilitas Ekonomi di Tengah Virus Korona

Selain itu, pemerintah juga memiliki cara untuk segera membangun infrastruktur tanpa memperatkan uang negara atau APBN. Salah satu caranya dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) ,

Skema KPBU merupakan pembiayaan infrastruktur dengan patungan. Di mana sistem ini, layanan publik akan dibangun bersama antara pemerintah dan sektor privat (swasta).

Pembagian tugas dan risikonya akan tertulis di dalam perjanjian berupa kontrak.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini