nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Kepala Daerah Hitung Matang Sebelum Tutup Pasar hingga Perkantoran

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 12:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 320 2188145 jokowi-minta-kepala-daerah-hitung-matang-sebelum-tutup-pasar-hingga-perkantoran-DARolTukCX.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh Kepala Daerah untuk menghitung betul ketika mengeluarkan kebijakan tentang penanganan virus corona (Covid-19). Selain itu, kebijakan yang dikeluarkan juga harus sati visi dengan pemerintah pusat.

Menurut Jokowi, kebijkan yang diambil oleh pemerintah daerah harus memperhatikan seluruh aspek dari mulai dampak kepada kesehatan hingga sosial ekonomi.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Polda Riau Bubarkan Kerumanan Orang

"Dan saya minta kebijakan-kebijakan yang ada di provinsi semuanya dihitung baik dampak dari kesehatan dan keselamatan rakyat kita maupun dampak sosial ekonomi yang mengikutinya," ujarnya dalam telekonferensi, selasa (24/3/2020).

Salah satu contohnya adalah ketika sebuah Kota atau Kabupaten ingin memutuskan untuk meliburkan kegiatan sekolah dan pekerja kantoran atau bahkan menutup tempat-tempat transaksi. Maka Jokowi meminta kepada Kepala Daearah tersebut harus menghitung secara cermat untung ruginya secara kesehatan dan ekonomi.

Baca Juga:  Erick Thohir Sebut Jumlah Pasien Corona di RS Darurat Wisma Atlet 102 Orang

"Saya berikan contoh misalnya, sebuah provinsi atau kabupaten/kota ingin membuat sebuah kebijakan sekolah diliburkan, kantor ditutup semuanya, kemudian tempat-tempat transaksi ekonomi misalnya pasar ditutup semuanya, tolong ini betul-betul dihitung betul, dikalkulasi betul dampak sosial ekonomi dan kesehatan yang ada," jelasnya.

Selain itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta kepada Kepala Daerah untuk menyipakan langkah-langkah atau kebijakan yang mendukungnya. Misalnya dengan melakukan relokasi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk sektor sektor yang terdampak

"Kalau ingin melakukan itu, kebijakan setelah itu dilakukan tolong betul-betul disiapkan," kata Jokowi.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini