nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jurus BI Stabilkan Rupiah dengan Cadangan Devisa

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 04:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 07 20 2195673 jurus-bi-stabilkan-rupiah-dengan-cadangan-devisa-4sPlm2BZqF.jpg Bank Indonesia saat Umumkan Suku Bunga Acuan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan fokus saat ini adalah menstabilkan nilai tukar Rupiah. Meski saat ini, BI memiliki ruang untuk menurunkan suku bunga acuannya.

Dalam rangka menstabilkan Rupiah, BI pun mengalokasikan cadangan devisa sebesar USD7 miliar.

"Khususnya Minggu kedua dan ketiga pada Maret 2020, terjadi kepanikan global dan dorong investor global yang lepas sahamnya, di situ peran Baank Sentral. Kami (BI), komit berada di pasar untuk stabilkan nilai tukar Rupiah," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Meski demikian, posisi cadangan devisa (Cadev), Indonesia pada akhir Maret 2020 tercatat sebesar USD121 miliar atau turun USD9,4 miliar dibandingkan posisi akhir Februari 2020 sebesar USD130,4 miliar.

Namun, tingkat kecukupan Cadangan Devisa di Indonesia sebesar USD121 Miliar itu lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan impor. Serta pembayaran untuk 7 bulan impor dan lebih dari cukup untuk stabilisasi nilai tukar Rupiah.

Baca Selengkapnya: Cadangan Devisa Masih Cukup, BI Gelontorkan USD7 Miliar Stabilkan Rupiah

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini