nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar 5 Miliarder Tertua di Dunia, Ada yang Berusia 101 Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 15:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 10 320 2197253 daftar-5-miliarder-tertua-di-dunia-ada-yang-berusia-101-tahun-Oke8FgIzw7.jpg Orang Kaya (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Forbes merilis data terbaru dari milarder terkaya dunia. Dalam daftar tersebut, ada beberapa miliarder yang memiliki usia lanjut, bahkan ada yang melewati 100 tahun.

Mengutip dari Forbes, Jumat (10/4/2020), berikut ini daftar miliarder paling tua di dunia:

1. Chang Yun Chung

Chang Yun Chung menjadi miliarder tertua di dunia. Dengan usianya yang saat ini menyentuh 101 tahun, Chang Yun Chung memiliki kekayaan sebesar USD1,1 miliar.

Harta kekayaan ini membuat Chang Yun Chung masuk ke dalam salah satu orang terkaya dunia. Bahkan, Chang Yun Chung menjaid orang terkaya nomor 22 di Singapura.

Baca Juga: 5 Perempuan Terkaya, Ada Mantan Istri Jeff Bezos

Chang Yun Chung mendirikan Pacific International Lines pada tahun 1967 sebagai operator pantai dengan dua kapal bekas. Setelah 51 tahun memimpin, Chang menyerahkan tongkat kepemimpinan pada April 2018 kepada putranya, Teo Siong Seng.

Perusahaan, yang merayakan ulang tahun ke 50 pada Maret 2017, memiliki armada lebih dari 150 kapal. Perusahaan memiliki MOU dengan China Merchant Port untuk mengembangkan pasar baru di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Afrika.

Pacific International Lines juga bekerja pada platform rantai pasokan berbasis blockchain untuk melacak pergerakan kargo dari Chongqing ke Singapura, dalam kemitraan dengan PSA International dan IBM Singapura.

 Baca Juga: Daftar Orang Kaya Termuda di Dunia, Paling Muda Usia 22 Tahun

2. Marcel Adams dan Keluarga

Selanjutnya ada nama Marcel Adams dan keluarganya yang memiliki kekayaan sebesar USD1,6 miliar. Marcel Adams sendiri saat ini berumur 99 tahun, menjadikan dirinya salah satu orang terkaya di dunia dengan usia lanjut.

Salah satu investor real estat paling produktif di Kanada, Marcel Adams mendirikan Iberville Developments pada tahun 1958. Iberville memiliki dan mengelola hampir 8 juta kaki persegi di sekitar 100 pusat perbelanjaan, ruang kantor, properti industri, dan aset perumahan.

Dilahirkan di Rumania dengan nama belakang "Abramovich," Adams selamat dari kamp kerja paksa Holocaust selama Perang Dunia II sebelum datang ke Kanada.

Dia mulai bekerja di industri kulit, tetapi mulai berinvestasi di real estat lokal pada pertengahan 1950-an. Putranya, Sylvan Adams, penandatangan "Giving Pledge" yang sekarang tinggal di Israel, telah mengambil alih bisnis tersebut.

3. Aloysio de Andrade Faria

Namau miliarder dengan usia lanjut selanjutnya adalah Aloysio de Andrade Faria dengan usia 99 tahun. Di usia senjanya. Alot memiliki harta kekayaan sebesar USD1,7 miliar.

Aloysio de Andrade Faria berinvestasi di perusahaan keuangan, produksi minyak sawit, hotel, air minum kemasan dan banyak lagi. Dilatih sebagai dokter, Faria berlatih kedokteran selama dua tahun, kemudian ayahnya meninggal dan dia mengambil alih pimpinan keluarga Banco Real.

Di bawah Faria, Banco Real menjadi salah satu bank terbesar di Brasil. Pada tahun 1998 ia menjual institusi itu ke bank Belanda ABN Amro dengan harga USD2,1 miliar.

Dia menggunakan uang itu untuk mendanai kerajaan yang beragam, berkembang ke lebih dari selusin usaha di berbagai industri.

4. Geoorge Joseph

Kemudian ada milarder asal Amerika Serikat yakni George Joseph dengan harga kekayaan USD1,4 miliar. George Joseph sendiri saat ini berusia 98 tahun.

George Joseph adalah pendiri Mercury General, penyedia asuransi dengan pendapatan tahunan USD3,5 miliar. Setelah mengumpulkan modal USD2 juta, dirinya memulai Mercury General pada tahun 1962 dan menawarkan potongan harga untuk pengemudi yang lebih aman daripada rata-rata.

Dia memiliki 34% dari perusahaan asuransi yang diperdagangkan secara publik, yang menawarkan asuransi otomotif, rumah dan kebakaran.

Dibesarkan di tengah-tengah Depresi Hebat, Joseph adalah seorang navigator penerbangan selama Perang Dunia II. Dia lulus dari Harvard dengan jurusan matematika dan fisika pada tahun 1949.

5. Charles Munger

Kemudian nama terakhirnya adalah Charles Munger dengan harga kekayaan sebesar USD1,7 miliar. Pria yang saat ini berusia 96 tahun ini sebenarnya sempat masuk jajaran 400 orang terkaya di dunia menurut Forbes pada 2010 yang lalu.

Sebagai wakil ketua perusahaan induk terkenal Berkshire Hathaway, Charlie Munger adalah tangan kanan Warren Buffett. Munger juga ketua penerbit surat kabar penerbit Daily Journal Corp dan duduk di dewan pengecer Costco.

Asli Omaha meninggalkan Univ. Michigan untuk menjadi ahli meteorologi Angkatan Darat selama Perang Dunia II. Dia kemudian mendapatkan gelar sarjana dari Harvard Law School dan bertemu Buffett di sebuah pesta makan malam pada tahun 1959.

Seperti Buffett, dia adalah investor pragmatis dan dermawan aktif, yang telah memberikan jutaan ke universitas.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini