Stimulus Kebun Binatang, dari Subsidi Pakan hingga Keringanan Pajak

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 320 2215132 stimulus-kebun-binatang-dari-subsidi-pakan-hingga-keringan-pajak-YxXmc1wBP1.jpg Pemerintah Beri Stimulus Khusus untuk Kebun Binatang Selama Pandemi. (Foto: Okezone.com/WWF)

JAKARTA - Pandemi virus corona kini mulai berpengaruh pada kehidupan hewan dan lingkungan. Salah satu contohnya adalah mulai sulitnya kebun binatang hingga taman satwa untuk mendapatkan makanan.

Pihak pengelola kebun binatang kesulitan untuk mencari makanan. Pasalnya kebun bintang selalu sepi karena tidak adanya pengunjung.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, pemerintah menyiapkan stimulus khusus untuk pakan satwa di kebun binatang. Nantinya ada subsidi khusus pakan binatang yang berasal dari refocusing anggaran.

Baca Juga: Penangguhan Kredit hingga Bansos Paling Banyak Diadukan Selama Covid-19

“Tentang satwa, karena dia milik negara yang kami titipkan kepada LK, maka sudah diantisipasi sejak awal terkait masalah Covid-19, yaitu pada sisi kecukupan kesediaan pakan satwa. Selain itu antisipasi dan dengan identifikasi yang mendalam, kalau-kalau atau kita khawatirkan virus Covid-19 dapat menular kepada satwa liar. Untuk masalah pakan satwa ada subsidi pakan sebagaimana perintah re-focussing program dan anggaran. Itu yang dikelola Dirjen KSDAE dan sudah berjalan,” ujarnya mengutip keterangan tertulis, Sabtu (16/5/2020).

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan stimulus ekonomi seperti keringangan pajak, dan pembayaran cicilan. Hal ini sedang didiskusikan dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

Baca Juga: Ini Realisasi Penyaluran Bansos 10 Juta Keluarga Harapan

“Bagian ini menjadi otoritas lembaga yang lain seperti Kemenko Perekonomian dan Kemenkeu, dan lain-lain. Yang kami lakukan ialah mengusulkan dan sudah bersama ikut membahas bersama Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri termasuk di rapat-rapat terbatas kabinet di mana Bapak Presiden sangat concern. Tapi tentu yang lebih penting adalah pada tingkat implementasinya, masih harus diperkuat, harus dengan spesifikasi rinci untuk masuk dalam daftar atau list benefeciaries stimulus. Ini yang sedang kami upayakan sekarang,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan kebijakan stimulus untuk jenis usaha hutan alam (HPH). Saat ini pihaknya sedang berusaha agar ada kebijakan stimulus untuk Hutan Tanaman Industri (HTI)

“Serta ini sekarang menyusul lembaga konservasi umum atau dikenal masyarakat luas kebun binatang”, ucap Siti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini