Tak Bisa Berjualan di Pasar Tanah Abang karena PSBB, Ini Strategi Para Pedagang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 320 2216291 tak-bisa-berjualan-di-pasar-tanah-abang-karena-psbb-ini-strategi-para-pedagang-wdmDMriZRr.jpg Pasar Tanah Abang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran virus corona memaksa Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat ditutup.

Akibat penutupan Pasar Tanah Abang, para pedagang tak lagi bisa berjualan di pusat perbelanjaan tersebut. Para pedagang di Pasar Tanah Abang tak bisa menjajakan dagangannya di toko mereka seperti biasa. Hal ini membuat pendapatan mereka merosot jauh.

Di tengah menurunnya kondisi ekonomi karena pandemi virus corona, para pedagang Pasar Tanah Abang harus tetap mencari uang guna menyambung hidup. Mereka pun tetap mencari cara agar bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

 Pasar Tanah Abang ditutup

Ketua Koperasi Tanah Abang, Yasril Umar mengatakan, sebagian besar pedagang di Pasar Tanah Abang yang tak bisa berjualan di toko, memilih untuk mencari alternatif lain.

"Karena Pasar Tanah Abang sudah dua bulan tutup. Sebagian besar mereka mencari pekerjaan baru. Seperti yang tadinya jualan baju di sini jadi jualan makanan di sekitar rumah mereka masing-masing," kata Yasril, Selasa (19/5/2020).

Selain menjajakan makanan, terang Yasril, mereka juga menyoroti peluang bisnis di masa pandemi virsu corona ini. Mereka berjualan masker atau pun baju hazmat.

"Strategi mereka juga berdagang makanan dan minuman. Selain itu mereka juga ada yang menjual baju hazmat," ujar Yasril.

Yasril melanjutkan, ada pedagang yang memilih untuk berjualan secara online. Makanya mereka boleh mengambil barang-barang dagangan mereka di Pasar Tanah Abang untuk dijual secara online.

"Hal yang terpenting, kalau mau mengambil barang mereka, harus menunjukkan kalau mereka pedangan di sini dan menunjukkan KTP mereka," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini