Masyarakat Belum Terima Bansos, Jokowi: Prosedurnya Berbelit-belit

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 09:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 19 320 2216303 masyarakat-belum-terima-bansos-jokowi-prosedurnya-berbelit-belit-3FZuSa5fR4.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta penyaluran bantuan sosial (bansos) ke masyaakat lebih cepat. Dia mengakui masih banyak kendala penyaluran bansos di lapangan sehingga bantuan belum sampai ke tangan masyarakat.

“Memang di lapangan banyak kendala dan problemnya masalah prosedur yang berbelit belit. Padahal situasinya adalah situasi yang tidak normal yang bersifat extraordinary,” kata Jokowi membuka Rapat Terbatas (Ratas) mengenai bansos dan Bantuan Langsung Tunai (BLT), Selasa (19/5/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Saya Minta Penyaluran Bansos Semakin Cepat

Menurutnya, dibutuhkan kebijakan yang sederhana agar masyarakat bisa cepat menerima bantuan. Dengan aturan yang simple, pelaksanaan penyaluran bansos bisa lebih fleksibel.

“Sekali lagi ini butuh kecepatan oleh sebab itu aturan itu dibuat sesimple mungkin dan sesederhana mungkin tanpa mengurangi akuntabilitas sehingga pelaksanaan di lapangan bisa fleksibel,” ucapnya.

Baca Juga: Warga Miskin Belum Dapat Bansos? Ini Kata Presiden Jokowi

Sebelumnya, Taslimah (68) salah seorang warga RT 1/7, Dusun Cengis, Desa Sewaka mengatakan, dirinya tidak mendapatkan bantuan. Padahal, ia hanya seorang janda yang mengandalkan hidupnya dari jualan krupuk keliling.

Ia berharap kepada pemerintah baik pusat maupun daerah untuk lebih teliti lagi dalam memberikan bantuan kepada warganya.

Terlebih, saat pandemi korona seperti saat ini usahanya jualan kerupuk kelilingnya tidak berjalan lancar.

"Saya sangat berharap dan minta tolong kepada presiden Jokowi kemarin ada bantuan tapi kami tidak dapat padahal saya sudah didata, saya seorang janda yang sudah ditinggal mati suami, sehari-hari saya makan hanya mengandalkan jual kerupuk keliling," cerita Taslimah.

Dengan raut wajah sedih, Taslimah berharap agar bantuan berikutnya baik sembako maupun uang tunai yang dijanjikan pemerintah bisa kebagian. Pasalnya, penghasilan dari jualan krupuk kelilingnya tidak bisa diharapkan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini