Menko Airlangga Sebut Pekerja Pabrik Disiplin Tak Terdampak Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 16:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 320 2221623 menko-airlangga-sebut-pekerja-pabrik-disiplin-tak-terdampak-covid-19-F9avWUG2SG.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Okezone)

JAKARTA - Industri padat karya dinilai dapat menerapkan era new normal (Kenormalan Baru) di tengah Corona atau Covid-19. Pasalnya, dampak virus tersebut tidak terlihat di kawasan industri.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, para industri padat karya sampai saat ini sudah menerapkan social distancing. Selain itu, penerapan protokol kesehatan sudah dilakukan dengan baik.

 Baca juga: Jubir Luhut: 500 TKA China Masuk RI untuk Percepat Pembangunan Smelter

"Jadi rujukan di Cikarang, (pekerja kawasan industri) sangat disiplin dan tidak terdampak Covid-19," ujar Airlangga dalam Special Report iNews Tv, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Menurutnya, padat karya selama wabah ini masih tetap beroperasi. Apalagi, padat karya yang bekerja di pabrik mempunyai kedisiplinan.

 Baca juga: Gaji dan THR Tak Cair, Perawat Bisa Mengadu ke Sini

"Di Cikarang berbagai multi-industri tidak terjangkit. Misalnya di Jatim tapi itu kasus cuma 1 -2 kasus. Jadi secara keseluruhan relatif industri aman," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjalankan program padat karya tunai untuk membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi virus Corona. Dari program tersebut diharapkan ada 605.000 orang yang mendapat pekerjaan dari proyek-proyek yang disiapkan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam realokasi dan refocussing program dan anggaran, Kementerian PUPR melaksanakan program padat karya tunai. Seperti penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di 4.771 desa.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini