Menteri Basuki Siapkan Rp3,1 Triliun untuk Bangun Irigasi di Indramayu

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 320 2221925 menteri-basuki-siapkan-rp3-1-triliun-untuk-bangun-irigasi-di-indramayu-hxsSJp8aXw.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melakukan rehabilitasi jaringan irigasi besar. Jaringan irigasi ini nantinya akan dibangun di beberapa daerah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rehabilitasi jaringan irigasi besar ini sudah dilakukan penandatanganan kontrak dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA). Hal tersebut bahkan sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

Baca juga: 89 Proyek Baru Senilai Rp1.422 Triliun Direkomendasikan Jadi PSN

"Kemudian rehabilitas irigasi, kami laporkan kepada Presiden kami baru saja. Ditjen SDA air melakukan tanda tangan 9 kontrak untuk rehabilitas jaringan irigasi besar, yakni di daerah irigasi rentan Indramayu," ujarnya dalam telekonferensi, dikutip Sabtu (30/5/2020)

Menurut Basuki, rehabilitasi irigasi yang pertama dilakukan di Indramayu. Untuk rehabilitasi ini total anggaran yang dikeluarkan adalah sebesar Rp3,1 triliun.

Baca juga: Dari 223 Proyek Strategis Nasional, Baru 27 yang Beroperasi

"Semuanya 88.000 hektare dengan anggaran total Rp3,1 triliun. Sudah kami kumpulkan dan kami arahkan Juni-Juli agar segera dimulai pekerjaannya namun utamakan tenaga kerja dulu," kata Basuki.

Dalam penggarapan ini, nantinya pemerintah akan menggunakan tenaga manusia terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan untuk menyerap tenaga kerja dari penduduk sekitar.

"Jangan pakai alat berat dulu agar menyerap lapangan kerja yang sedang dibutuhkan saat ini. Kami gunakan tenaga manusia dulu.

Menurut Basuki, anggaran ini berasal dari pinjaman. Sehingga dirinya diminta untuk mempercepat pemanfaatannya oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Ini semua dari loan, Sesuai arahan Menteri Keuangan. Kita ada standing loan yang harus dipercepat pemanfaatannya," jelasnya.

Selain di Indramayu, ada beberapa rehabilitasi irigasi yang dikerjakan di beberapa daerah. Misalnya Irigasi Slinga di Purbalingga, Jawa Tengah.

"Bendungnya sudah lama, jadi airnya bagus, sawahnya ada, petaninya ada, aksesnya bagus, namun irigasi belum ada. Ini sudah kami bangun sejak 3 tahun dan ini tahun terakhir. Total ada 6.000 hektare. Akan kami selesaikan 3.000 hektare tahun ini," kata Basuki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini