Tahun Depan, Pabrik Feronikel Antam Beroperasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 320 2228713 tahun-depan-pabrik-feronikel-antam-beroperasi-AUnJnWKsQx.jpeg Ilustrasi Tambang (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (Persero) disingkat Antam memastikan pembangunan proyek bakal tetap berjalan. Termasuk pembangunan pabrik feronikel haltim (P3FH).

Direktur Pengembangan Usaha Antam Risono mengatakan, progres pembangunan pabrik feronikel sudah hampir 97,96%. Ditargetkan tahun depan sudah bisa beroperasi.

"Jadwal sendiri perlu waktu paling cepat 15 bulan konstruksinya sehingga diperkirakan tahun depan proyek ini baru bisa beroperasi," ujarnya dalam telekonferensi, Kamis (11/6/2020).

Baca juga: Antam Tebar Dividen Rp67,8 Miliar, 35% dari Laba Bersih

Menurut Risono, saat ini seluruh persiapan pengoperasian juga sudah mulai disiapkan. Misalnya adalah dalam penyediaan listrik untuk operasional.

Menurutnya, pada 24 Januari 2020 lalu pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan PLN. Dia bilang pasokan yang tersedia saat ini sebesar 12 megawatt (MW) yang berasal dari pembangkit area proyek.

"Total kapasitas keseluruhan project membutuhkan sekitar 100 MW ini yang sedang disiapkan PLN," kata Risono.

Baca juga: Antam Racik Ulang Strategis Bisnis Akibat Corona

Risono menambahkan sejumlah efisiensi di tengah pandemi covid-19. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kondisi keuangan perusahaan saat ini.

"Kita mencoba melakukan produksi agar tidak berkurang walaupun dampak daripada covid-19 dengan berbagai macam upaya mempertahankan volume produksi," kata Risono.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini