Kemampuan yang Paling Dicari di Era Digital, Kritis dan Kreatif

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 320 2231541 kemampuan-yang-paling-dicari-di-era-digital-kritis-dan-kreatif-VCWvuK9cmH.png Kemampuan Soft Skill Pencari Kerja. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dunia kerja di era digital tidak hanya membutuhkan kemampuan hard skill seperti teknis dan akademis. Tapi juga dibutuhkan kemampuan soft skill seperti komunikasi.

Hard skill bisa didapat selama kita kuliah, belajar hingga saat magang di tempat kerja. Sedangkan soft kill adalah bawaan dari pribadi sendiri atau lebih kepada perilaku.

Sebenarnya kedua kemampuan ini sangat penting dan harus benar-benar dipahami untuk para pencari kerja.

Baca Juga: Menaker: Stop Kekerasan terhadap Pekerja Rumah Tangga

Melansir Instagram Kemnaker, Rabu (17/6/2020), ada 10 soft skill yang paling dibutuhkan di era digital. Di antaranya, manajemen sumber daya manusia (SDM), kemudian koordinasi, pengambilan keputusan, orientasi pelayanan dan kecerdasan emosional.

Selain itu, para pencari kerja juga membutuhkan soff skill seperti pemecahan masalah yang kompleks, fleksibelitas bekerja, berpikir kritis, kreatif dan negosiasi.

Soft Skill untuk Seorang Pemimpin

Tak hanya para pencari kerja, soft skill juga dibutuhkan pada seorang pemimpin. Soft skill yang yang dimaksud seperi bernegosiasi, membangun moral hingga menjaga hubungan dengan pekerja lainnya.

Baca Juga: Pelajaran Bisnis Karaoke dari Inul Daratista, Ide Dicontek Itu Hal Biasa

Melansir dari laman Business Insider, berikut soft skill yang dibutukan pemimpin agar berhasil dan tips untuk mengasahnya.

1. Pendengar yang Baik

Pemimpin sukses memahami pentingnya mendengarkan pikiran dan ide orang lain.

Tips: Berikan perhatian penuh kepada pembicara, catat, berikan penilaian, dan terbuka untuk pendapat.

2. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

Pemimpin yang telah memiliki visi, dapat mengelola karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif.

Tips: Berkomunikasi dengan sopan, menunjukkan kepercayaan diri, mendukung penyataan dengan fakta, menghindari kata-kata mungkin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini