Kualitas Beras Bulog Disorot, Buwas: Bila Ditemukan 1 Kutu Langsung Kita Tangani

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 320 2234787 kualitas-beras-bulog-disorot-buwas-bila-ditemukan-1-kutu-langsung-kita-tangani-1QCf3DPo6l.jpg Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog memastikan beras yang disalurkan untuk bantuan sosial (Bansos) bagi warga yang terdampak virus corona atau Covid-19 di Jabodetabek tidak ada yang jelek atau bermutu rendah.

Dirut Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya langsung mengecek ke lapangan. Apabila ada temuan kualitas beras yang kurang baik, Bulog bakal langsung bertanggung jawab.

"Jadi apabila ada temuan di lapangan langsung kita tangani, termasuk juga ketika ditemukan 1 kutu saja di beras itu langsung kita tangani dan kita ganti. Dan kita telusuri dari mana kutu itu, produksinya kok bisa masuk," ujar dia di kantornya Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Baca Juga: Salurkan Beras ke 3,3 Juta Warga Jabodetabek, Bos Bulog: Kualitas Premium 

Pihaknya juga merasa selama ini memang tidak ada komplain secara langsung dari masyarakat mengenai kualitas beras Bulog. Namun ada beberapa pihak yang menganggap beras Bulog penuh kutu.

"Kemarin diviralkan itu ada beras dari kita yang di dalamnya itu ada kutunya banyak dan bergumpal-gumpal. Namin kita sudah selesaikan. Kita cek ke lapangan, lalu pelakunya sudah ditangani Polri karena niatnya tidak baik," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, kejadian seperti itu dilakukan saat ada beras Bulog didrop ratusan karung. Kemudiaan dicampur oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan menaruh satu karung beras yang ada kutunya.

"Saya pastikan satu karung beras yang ada kutunya itu bukan milik Bulog. Dan juga di beberapa wilayah yang mengatakan beras Bulog itu tidak layak pakai. Bahkan menyatakan Bulog tidak manusiawi memberikan beras kepada keluarga yang KPM itu. Ternyata bukan dari Bulog juga. Sudah kita cek ke TKP," tegasnya.

Baca Juga: Dirut Bulog: Tak Perlu Khawatir soal Stok Beras

Dia menambahkan bahwa masyarakat penerima bantuan beras dari Bulog selama ini menyambut dengan baik. Bahkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) itu berharap bantuan bisa terus didapatkan khususnya dalam kondisi saat ini.

"Mereka banyak berharap ke depan itu mereka masih bisa mendapatkan bantuan yang sama," tandas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini