Bulog Akan Salurkan Beras Bansos ke 10 Juta Keluarga

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 320 2234904 bulog-akan-salurkan-beras-bansos-ke-10-juta-keluarga-cEEoO6wa4X.jpg Ilustasi Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), menugaskan Perum Bulog untuk kembali menyalurkan bantuan sosial beras kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Hal itu, disampaikan oleh Dirut Bulog Budi Waseso. Menurutnya, masing-masing KPM rencananya akan mendapatkan bantuan sebanyak 15 kilogram beras per bulan, sehingga dibutuhkan setidaknya 150 ribu ton beras Bulog.

"Namun, kami diminta menyiapkan 450 ribu ton untuk kebutuhan tiga bulan. Bahkan kita siap 900 ribu ton untuk enam bulan karena kemungkinan kita akan dapat tugas lagi berikutnya," ujar dia dalam di kantornya Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Baca Juga: Salurkan Beras ke 3,3 Juta Warga Jabodetabek, Bos Bulog: Kualitas Premium 

Dia menjelaskan, Bulog memiliki kesiapan untuk menyalurkan beras sebanyak itu. Pasalnya ketersediaan stok beras di jaga di kisaran 1 juta - 1,5 juta ton. Tercatat saat ini, total pasokan beras yang tersimpan di gudang mencapai 1,4 juta ton di seluruh Indonesia.

"Tapi kami belum dapat memastikan kapan penyaluran bansos beras itu akan dimulai. Pasalnya, penugasan belum diberikan secara resmi meski telah di bahas dalam rapat koordinasi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Saya berharap bahkan minggu depan sudah bisa disalurkan, lebih cepat lebih baik," jelas dia.

Baca Juga: Dirut Bulog: Tak Perlu Khawatir soal Stok Beras

Kemudian, lanjut dia, pihaknya optimistis penyaluran beras ke 10 juta KPM akan berjalan dengan baik jika dilakukan langsung oleh Bulog.

"Pasalnya, sudah terbukti dari kelancaran penyaluran bansos beras di Jabodetabek untuk 3,3 juta warga yang terdampak Covid-19 sebesar 25 kilogram per keluarga," tandas dia.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini