Share

Lapangan Kerja Bertambah 4,8 Juta, Pengangguran AS Turun 11,1%

Jum'at 03 Juli 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 20 2240520 lapangan-kerja-bertambah-4-8-juta-pengangguran-as-turun-11-1-1SmWa6iHWZ.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Departemen Tenaga Kerja AS mencatat, ada 4,8 juta pekerjaan baru bulan Juni 2020. Pemerintah AS menyatakan 1,4 juta orang yang terkena PHK kini sudah bekerja lagi.

Pengangguran AS turun menjadi 11,1% bulan Juni 2020 ketika ekonomi menambahkan 4,8 juta pekerjaan baru. Akan tetapi pemulihan pasar kerja itu diperkirakan tersendat lagi karena babak baru penutupan bisnis dan PHK yang dipicu oleh perebakan kembali virus corona.

Baca Juga: Makin Merajalela, Sudah 6,4 Juta Pekerja Kena PHK Imbas Corona 

Sementara di Gedung Putih, Presiden Donald Trump gembira mengumumkan tingkat pertumbuhan pekerjaan bulan Juni itu.

“Para pekerja yakin dapat mencari pekerjaan. Pasar saham melonjak. Ini bukan angka yang dicapai oleh presiden lain. Semuanya kembali lebih cepat dari yang kita duga. Kita akan capai kuartal ketiga yang fantastis. Tahun depan akan menjadi tahun yang luar biasa untuk pekerjaan,” kata Trump dilansir dari VOA, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: Menko Airlangga: Semakin Pusing Masyarakat, Makin Banyak yang Merokok 

Beberapa ekonom memperkirakan pemulihan tersebut akan makan waktu lebih lama dari yang diperkirakan Trump, dan tingkat pengangguran cenderung mendekati angka dua digit pada akhir tahun 2020.

Sementara pasar kerja membaik untuk bulan kedua berturut-turut, laporan Departemen Tenaga Kerja itu menunjukkan AS masih jauh dari pemulihan dari kerugian besar-besaran yang diderita pada musim semi tahun ini. Perbaikan lapangan kerja itu telah memulihkan sekitar sepertiga dari 22 juta pekerjaan yang hilang.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini