Anggaran Perlindungan Sosial Baru Cair 34,06%, Tersulit Salurkan BLT Dana Desa

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 320 2240555 anggaran-perlindungan-sosial-baru-cair-34-06-tersulit-salurkan-blt-dana-desa-L1jbxLPydp.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan memberikan update tentang penyaluran stimulus perlindungan sosial. Hingga saat ini, penyaluran anggaran perlindungan sosial ini sudah mencapai 34,06%.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara Kunta Wibawa Dasa mengatakan, penyaluran stimulus untuk perlindungan sosial memang jauh lebih baik dibandingkan semua insentif yang ada. Mengingat, ada beberapa program perlindungan sosial yang sudah ada jauh sebelum adanya pandemi covid-19.

"Perlindungan sosial sudah 34,06% ini lebih bagus karena memang ada beberapa program yang sudah existing," ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: Jokowi Kesal Anggaran Kesehatan Baru Cair 1,53%, Sri Mulyani Menjawab 

Menurut Kunta, ada beberapa program yang eksisting ini membuat penyalurannya lebih mudah. Mengingat, pemerintah hanya tinggal menjalankan template program yang sudah ada.

Adapun pemerintah mengalokasikan anggaran tertinggi dalam penanganan Covid-19 untuk perlindungan sosial sebesar Rp203,9 triliun. Anggaran ini diperuntukkan pembiayaan program keluarga harapan, sembako, bantuan sosial Jabodetabek dan Non-Jabodetabek.

"Kalau sudah existing itu sudah ada di APBN 2020 jadi dia sudah jalan, lebih gampang daripada program baru. Yang program yang sudah jalan seperti sembako, PKH kan sudah sejak dulu," jelas Kunto.

Baca Juga: Anggaran Perlindungan Sosial Rp203,9 Triliun, Sudah Habis Berapa? 

Yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah adalah ada pada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan dana desa. Mengingat Pemerintah Daerah harus melakukan beberapa perbaikan dari sisi regulasi untuk penyalurannya.

Berdasarkan data dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Transmigrasi dan Tertinggal BLT Dana Desa yang sudah tersalurkan mencapai Rp4,5 triliun. Dari jumlah tersebut, sudah 71.065 desa atau setara dengan 95% dari 74.835 desa yang telah menyalurkan BLT Dana Desa.

"Yang agak perlu kita dorong adalah BLT dan dana desa. Untuk pemda kita kemarin masih melakukan perbaikan dari sisi regulasi tapi harapannya Juli ini sudah mulai jalan juga," jelasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini