Share

Mulai Usaha tapi Tak Punya Modal, Jangan Minder Dulu Ya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 320 2240776 mulai-usaha-tapi-tak-punya-modal-jangan-minder-dulu-ya-v8ZzZJvR73.jpg Modal Usaha (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Banyak pertimbangan dalam membuka usaha, salah satunya modal. Kadang, modal juga menjadi penghambat keinginan untuk membuka usaha.

Tapi dalam memulai usaha tidak boleh minder meskipun tidak memiliki modal. Hal ini dikatakan oleh Fiska Amanda, pemilik usaha makanan bronis.

“Orang-orang ragu melakukan sesuatu karena modal, padahal kita memiliki potensi," kata Fiska seperti dikutip dalam keterangan resmi UNS, Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: Jangan Cuma Bengong jika Dagangan Kamu Belum Laku, Lakukan Hal Ini 

Menurut Fiska, bagian dari tubuh juga termasuk modal non materi yang harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Jadi apapun kondisinya seharusnya tetap bisa berjalan, tergantung dari diri sendiri saja. Dalam memulai usaha, yang disiapkan adalah mampu membaca pasar serta berpikir kreatif,” paparnya.

Saat ini, dia memanfaatkan pemasaran secara daring karena traffic penjualan daring di tengah pandemi lebih menjanjikan, terlebih pergerakan masyarakat tidak sebebas dulu.

Baca Juga: Lagi Tren, Pria Ini Sulap Limbah Kayu Jadi Sepeda 

Diakuinya, sejak pandemi virus corona usahanya sempat redup. Namun, hal tersebut berlangsung tidak lama karena Ia terus melakukan inovasi agar produknya dapat laku di pasaran meskipun semua serba dilakukan secara daring.

“Strategi yang harus dilakukan saat pandemi ini dengan membuat inovasi yang memiliki masa penyimpanan lebih lama. Saya juga melakukan riset dengan produk-produk yang bisa dipasarkan secara online sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini