Bosan Impor, Milenial Ini Bangun Startup Pertanian

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 320 2242600 bosan-impor-milenial-ini-bangun-startup-pertanian-qaPnd6ls6i.jpg Co-Founder TaniHub Michael Jovan (Foto: dok. TaniHub)

JAKARTA - Indonesia selalu digadang-gadang sebagai negara agraris, saat ini kondisi pertanian dan petani lokal masih jauh dari kemajuan, dan ironisnya negara ini masih menjadi net importir yang cukup besar untuk produk pertanian. Kondisi itu membuat Michael Jovan Sugianto (Mike) selaku Co-Founder TaniHub Group untuk memilih usaha bertani.

“TaniHub Group melihat pertanian sebagai hal esensial yang tidak terpisahkan dari kehidupan dan hajat hidup manusia, termasuk untuk ketahanan pangan di masa depan,” kata Michael kepada Okezone, Senin (7/7/2020).

Baca Juga: Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Startup Kopi Luckin Coffee, Pesaing Starbucks yang Palsukan Cuan

Pria kelahiran 1993 ini menjelaskan, pihaknya memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia agar mereka tidak lagi identik dengan kemiskinan dan keterbelakangan.

“Dengan memberdayakan petani, pendapatan dan produktivitas mereka akan meningkat, sehingga kualitas panen yang dihasilkan akan lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga: Butuh Modal Bangun Startup? Ini 6 Sumber Pendanaannya

Menurut dia, ketika kualitas produk dalam negeri lebih baik dengan harga yang lebih fair, tentunya akan semakin banyak dunia usaha dan konsumen yang lebih memilih produk lokal. Dengan mengurangi ketergantungan akan impor pun akan menolong neraca pembayaran kita.

“Dengan demikian, menolong petani pada akhirnya akan berdampak positif pada perekonomian secara keseluruhan. Sebab itu, dalam setiap kesempatan, kami selalu menekankan bahwa goal kami adalah ‘Agriculture for Everyone’,” kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini