Share

Limbah Akar Disulap Jadi Bonsai Bernilai Rupiah

Ahmad Syaiful, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 320 2243540 limbah-akar-disulap-jadi-bonsai-bernilai-rupiah-2iMCVvh0AY.jpg Ilustrasi: Tanaman Bonsai (Foto: Klorofa)

PALEMBANG - Limbah akar hasil bongkaran penebangan kayu disulap menjadi karya seni bernilai tinggi. Meski awalnya dinilai kurang kerjaan, namun kreasi tangan bonsai dari akar pohon ternyata diminati banyak orang.

Akar-akar pohon perdu yang berserabut tidak menentu justru menjadi nilai seni tersendiri ketika diletakkan terbalik. Akar tersebut menyerupai pohon beserta ranting-rantingnya. Hasil kreasi Bambang ini banjir pesanan.

Baca Juga: Apa Sih Bedanya Benih dan Bibit?

Bambang membuka gerai usaha di Jalan Pipareja, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur Tiga, Palembang . Dia menggarap bisnis ini bersama rekan-rekannya.

bonsai

Bonsai dibuat dari berbagai jenis pohon-pohon perdu yang telah mati karena ditebang untuk pembukaan lahan perumahan. Akar pohon yang disulap menjadi bonsai ini sangat di sukai karena tidak perlu perwatan dibanding bonsai hidup.

Baca Juga: Petani Milenial Sukses Kembangkan Bisnis, Dulu 2 Ha Kini Miliki Lahan 400 Ha

Awalnya Bambang dianggap kurang kerjaan karena bermain dengan bahan -bahan limbah ini. Namun berkat kesabaran dan keterampilan mengolah hasilnya banyak mendapat pesanan. Harga satu bonsai dibanderol Rp400 ribu tergantung besar kecilnya pohon akar dan kerumitan pengolahan akar.

Meski berasal dari limbah, namun setelah dikreasikan tekstur akar yang menyerupai ranting akan menjadi pemandangan yang sangat sedap dipandang mata.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini