Bulog Bangun 14 Gudang Baru, Buwas: Bisa Simpan Beras Lebih Lama

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 320 2246108 bulog-bangun-14-gudang-baru-buwas-bisa-simpan-beras-lebih-lama-rWHfpveBFv.jpg Beras (Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog akan segera membangun gudang baru di sejumlah wilayah. Hal itu dilakukan untuk mendukung pembangunan lumbung pangan di wilayah Kalimantan.

"Kita juga sedang membangun gudang, artinya gudang yang kita bangun untuk di 14 wilayah itu bisa memang untuk menyimpan beras dalam kurun waktu yang relatif lama," ujar Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso dalam acara Market Review IDX Channel, Selasa (14/7/2020).

 Baca juga: RI Tak Perlu Impor, Stok Beras Dipastikan Aman hingga Akhir Tahun

Buwas, sapaan akrabnya, menambahkan, pembangunan gudang baru didasari kepada adanya perkembangan pertanian dibeberapa wilayah. Selain itu, pembangunan gudang baru yang sesuai dengan kebutuhan.

"Kita membangun gudang untuk produksi kedelai yang memproduksi kedelai. Kita membangun gudang di wilayah yang memang memproduksi beras," kata dia.

 Baca juga: Bulog Kuasai 1,4 Juta Ton Beras, Aman Sampai Akhir Tahun

Mantan Kepala BNN ini menjelaskan, nantinya gudang baru ini berupa Selo, di mana dalam satu Selo bisa menampung hingga 2.000 ton gabah dilengkapi dengan teknologi dan temperatur yang teratur.

"Sehingga gabah itu kita simpan dua tahun pun tidak ada perubahan apa-apa. Jadi, nanti kalau dibutuhkan ada langsung ada mesinnya kita giling kita produksi beras maka beras itu dalam kondisi fresh," ucap Buwas.

"Ini yang sedang kita modernisasi kita bangun sarana prasarananya termasuk angkutannya kita sudah bangun semuanya dengan koordinasi dengan pihak-pihak lain termasuk dari Kementerian terkait," sambungnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini