Usaha Toko Kelontong Cuma Modal Rp2 Juta, Tertarik?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 320 2246593 usaha-toko-kelontong-cuma-modal-rp2-juta-tertarik-lvxQOZZIpB.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ingin memulai usaha sering kali terhalang oleh masalah modal usaha. Modal yang minim membuat seseorang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuka usaha.

Namun jangan khawatir, ternyata cuma modal Rp2-5 jutaan saja kamu sudah bisa memulai usaha. Bahkan dengan modal hanya sebesar itu, kami bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Mengutip buku Untung Berlipat Modal 1 Juta karya Ivana Lestari, Rabu (15/7/2020), salah satu bisnis yang bisa dijadikan alternatif untuk memulai bisnis dengan modal Rp2 jutaan adalah toko kelontong. Untuk memulai bisnis hanya dibutuhkan modal Rp2,3 juta saja.

Baca juga: Mau Buka Usaha Studio Foto? Begini Hitungan Untung Ruginya

Dengan bisnis ini kamu sudah mulai balik modal hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan. Sebab kamu bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp2,4 juta per bulannya

Kunci sukses dari bisnis ini adalah kamu harus menyediakan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Selain itu, kamu juga harus bisa mengambil keuntungan seminim mungkin untuk menarik pelanggan. Daya tarik dari bisnis ini sendiri pasar yang tidak pernah sepi karena selalu ada pembeli.

Baca juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

Jika kamu ingin membuka bisnis ini ada beberapa hal yang harus dilakukan. Khususnya dalam pengadaan barang agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu juga bisa melakukan survey ke beberapa toko kelontong. Hal ini dilakukan untuk menentukan harga yang akan kamu jual.

Kamu juga harus menentukan jenis pembayaran dari toko anda apakah cash atau Konsinyasi. Jika konsinyasi anda bisa menerima titipan barang dari orang lain.

Adapun modal awal yang dibutuhkan adalah Rp2.366.000. Diperuntukkan untuk investasi besi sudut sebesar Rp16.000, 1 Unit Etalasi sebesar Rp850.000 dan barang-barang dagangan Rp1.500.000. Estimasi pendapatan per bulan adalah Rp3.000.000 dan laba bersih Rp2.400.000.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini