Strategi Membangun Bisnis Kekinian Coffee Corner, Lokasi Paling Penting

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 320 2246725 strategi-membangun-bisnis-kekinian-coffee-corner-lokasi-paling-penting-FNWrM7Xs8t.jpg Ilustrasi Kopi (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bagi kalangan muda-mudi coffee shop menjadi salah satu tempat yang dipilih untuk sekedar menghabiskan waktu bersama hingga menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Maraknya coffee shop di sejumlah kota dan daerah menjadi tren baru bagi mereka yang ingin mencoba meraup pundi uang dari jenis usaha ini. Sebelum memulai bisnis ini, perhatikan terlebih dahulu peluang dari bisnis ini. Penyajian kopi saat ini dapat dikemas dengan istilah blended atau dengan tambahan sejumlah topping baru dan hal itu membuat identitas akan kemajuan zaman. Seperti yang dikutip dari buku 99 Bisnis Anak Muda Karya Malahayati, Hendry E.Ramdan, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Mau Buka Usaha Studio Foto? Begini Hitungan Untung Ruginya

Memulai bisnis ini dapat dilakukan dari membuat konsep coffee corner, walaupun sederhana tetapi nyaman walaupun hanya untuk mengobrol atau ngumpul. Cari lokasi yang sesuai dengan segmen yang diinginkan dan berpeluang ramai misal di wilayah kampus atau sejumlah tempat nongkrong lain, jangan lupa untuk menyiapkan modal untuk usaha.

Dalam setiap usaha tentunya terdapat hambatan yang bisa jadi muncul di pertengahan jalan usaha. Hambatan dalam usaha ini bisa terjadi dalam mahalnya bahan baku atau pesaing yang akan bergerak di usaha ini. Pikirkan baik-baik apa solusi yang tepat untuk hambatan ini.

Baca juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

Yang terakhir, strategi bisnis. Strategi yang bisa dilakukan antara lain menyiapkan spanduk, brosur, pamphlet atau leaflet yang akan disebar. Ciptakan suasana nyaman di lokasi usaha misal dengan menciptakan tempat yang bersih atau adanya menu tambahan. Dan, ciptakan menu minuman kopi yang inovatif dan memiliki cita rasa yang berbeda dari pesaing yang ada.

Analisis bisnis bisa dilihat saat sebulan atau beberapa bulan setelah bisnis ini berjalan. Tentunya melihat dari aspek laba/rugi serta faktor-faktor lain.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini