5 Cara Simpel Bantu Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 320 2249316 5-cara-simpel-bantu-ekonomi-masyarakat-terdampak-covid-19-Jb6wxigj5c.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Memberikan kebaikan di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 bisa jadi ajang bersyukur bagi yang masih berkecukupan. Walaupun di antara kita ada yang berkecukupan, namun belum tentu yang lainnya.

"Sebagian negara mulai ngalamin resesi. Bagaimana dengan Indonesia? Kita hanya bisa usaha dan doa terbaik," tulis Pritaghozie dalam postingannya. Selain itu, masa pandemi ini juga masih jauh dari kata usai menurut dirinya.

Oleh sebab itu, melalui akun Instagramnya @pritaghozie (20/7/2020), di tengah krisis imbas virus Corona, begini cara melakukan hal kecil tapi berdampak positif bagi perekonomian:

 Baca juga: Buka Usaha Pakai Uang Pesangon Jangan Sampai Terbawa Nafsu

1. Berkontribusi dengan skill yang dimiliki secara gratis

Di saat seperti ini, yang bisa dilakukan hanyalah beraktifitas dari rumah masing-masing. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki. Contoh yang diberikan Prita yaitu saat di rumah saja, banyak kegiatan yang bisa di sharing secara online. Tentunya, hal ini bisa bermanfaat agar orang lain dapat belajar dalam mengelola keuangan.

2. Support local business

Dampak Pandemi tentu sangat berpengaruh pada sejumlah toko kecil dan toko lokal. Memberikan dukungan dengan cara membeli produk mereka bisa dilakukan.

 Baca juga: Milenial Diajak Jadi Wirausaha, Ada 3 Peluang Usaha di Tengah Pandemi

Pesan poin ini adalah, jika memang tidak mampu untuk membeli, dukungan lain seperti mempromosikan prdouk kepada keluarga, sahabat, atau orang terdekat lainnya juga bisa. Tidak ada salahnya bukan untuk membantu sesama?

3. Kasih tips lebih ketika order makanan

Orderan makin sepi, dan tentunya sedikit uang tips sangat berarti untuk para pekerja. Supaya uang yang diterima bisa berputar kembali, bukan hanya untuk UMKM tapi juga untuk sejumlah pedagang kecil lainnya.

4. Menanyakan kabar pada orang terdekat

 

Memberikan perhatian lebih juga bisa, sekedar menanyakan kabar, atau berikan tawaran bantuan. Walaupun hanya mengingatkan mereka bahwa kalian juga memikirkan mereka sangat berarti.

5. Berdonasi kepada yang membutuhkan

Menolong sesama bisa dilakukan dari lingkungan terdekat terlebih dahulu. Selalu cek apakah lingkungan terdekat ada yang membutuhkan pertolongan? Berdonasi tentunya bisa dilakukan untuk menolong sesama. Siapa tahu, hal itu meringankan beban mereka yang membutuhkan.

"Apa pun dimulai dari niat. Semoga niat baik kita senantiasa lurus dan tidak tercoreng dengan sikap sombong mau pun penyakit hati lainnya" tutup Prita dalam unggahannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini