Ada Perampingan dan PNS Dikasih Uang Tunggu, Apa Itu?

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 04:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 320 2249385 ada-perampingan-dan-pns-dikasih-uang-tunggu-apa-itu-doNTTRpTKS.jpg Uang Tunggu untuk PNS yang Terkena Perampingan Lembaga. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Perampingan kementerian dan lembaga sangat berdampak pada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebab, bila tidak tertampung di instansi lain, PNS tersebut akan berada di rumah saja.

Meski demikian, PNS tetap akan mendapat gaji dengan istilah uang tunggu. Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) diatur bahwa bagi PNS yang terdampak perampingan lembaga dan tidak tersalurkan ke instansi akan diberikan uang tunggu.

Apa itu uang tunggu?

Berdasarkan aturan, uang tunggu diberikan kepada PNS yang belum berusia 50 tahun dan masa kerja kurang dari 10 tahun. Uang ini diberikan selama 5 tahun.

Jika dalam waktu lima tahun tidak ada juga instansi yang menampung maka akan dua kebijakan yang berlaku. Pertama jika setelah lima tahun masa tunggu usia PNS tersebut belum mencapai usia 50 tahun tetapi memiliki masa kerja 10 tahun maka pensiun akan diberikan pada saat mencapai usia 50 tahun.

Baca Selengkapnya: PNS Terdampak Perampingan Bakal Dapat Uang Tunggu, Ada Syaratnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini