5 Tanda Alami Burnout saat Bekerja, Salah Satunya Ingin Rebahan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 320 2254435 5-tanda-alami-burnout-saat-bekerja-salah-satunya-ingin-rebahan-ojDNea7UvF.jpg Pekerja Ngantuk (Foto: Sleepeducation.org)

JAKARTA - Terlalu bersemangat dalam bekerja dan mengejar tuntutan kantor membuat sejumlah pekerja malah merasa tertekan. Tak jarang pula, banyak pekerja yang justru mengeluhkan hal tersebut.

Memaksakan diri dalam bekerja tentu saja bukan hal baik. Pasalnya, dapat mengganggu kesehatan fisik bahkan mental sekaligus.

 Baca juga: Google Akan WFH hingga Juli 2021, Pedagang Hotdog Terancam

"Tanda-tanda Rekanaker burnout membuatmu harus lebih peka terhadap kebutuhan diri sendiri,⁣" tulis @kemnaker, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Oleh sebab itu, perlu diperhatikan beberapa tanda jika kalian mengalami burnout atau yang sering disebut dengan perasaan stres atau di bawah tekanan saat kerja. Berikut tanda-tandanya:

1. Keinginan Rebahan Berlebihan

Rebahan memang asyik, tapi bagaimana dengan rebahan yang berlebihan? Tidak baik bukan. Rasa ingin berlebihan itu muncul ketika perasaan sudah mulai lelah bahkan suasana yang sudah tidak mengenakan.

 Baca juga: Lockdown Lahirkan Generasi R, Siap Kerja Kapan dan di Mana Saja

2. Sulit Berhenti Pikirkan Pekerjaan

Terus menerus memikirkan perihal pekerjaan, padahal sudah diluar jam kerja. Stop lakukan itu ya, hal tersebut akan mengganggu pikiran sehingga kondisi hati menjadi tidak tenang.

3. Motivasi Kerja Semakin Hilang

Motivasi kerja dibutuhkan lho! Motivasi justru membuat seseorang akan terpacu lebih semangat untuk bekerja. Jika motivasi tersebut hilang, bagaimana mau semangat untuk bekerja?

4. Waktu Tidur Tidak Teratur

Waktu untuk beristirahat sebaiknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Agar kondisi dan stamina tubuh tetap terjaga dengan baik. Jangan gunakan waktu istirahat untuk tetap bekerja, ingat tubuh juga harus diperhatikan.

5. Sering sakit

 

Nah, bahaya sekali jika kalian sering sakit sekedar demam, batuk, atau flu karena pekerjaan. Selain menjadi hambatan dalam bekerja, hal tersebut justru merugikan diri masing-masing bukan?

Jangan memaksakan diri melebihi batas kemampuan agar kondisi fisik dan psikis senantiasa sehat ya Rekanaker.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini