4 Strategi Bersaing saat Bisnis UKM, Nomor 3 Harus Melek Digital

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 320 2255038 4-strategi-bersaing-saat-bisnis-ukm-nomor-3-harus-melek-digital-SAhDqSFrMN.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Dalam usaha dibutuhkan adanya strategi guna menjalankan agar usaha tersebut terus berkembang. Dalam usaha Usaha Kecil Menengah atau UKM dibutuhkan sejumlah strategi, salah satunya strategi bersaing.

UKM atau Usaha Kecil Menengah adalah jenis usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan anak perusahaan atau bukan cabang. Penjelasan tersebut terdapat dalam Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2008 .

 Baca juga: 3 Upaya Pasarkan Produk agar Laku Keras

Nah dalam strategi ini menjelaskan bagaimana bisnis atau usaha tersebut harus bersaing dengan usaha lainnya. Walaupun UKM merupakan bentuk usaha tingkat kecil dan menengah, perlu juga perencanaan strategi.

Melansir buku Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah, Karya Lila Bismala,Susi Handayani, Dewi Andriany dan Hafsah, Jakarta, Jumat (31/7/2020), berikut beberapa strategi bersaing dalam UKM:

 Baca juga: 3 Faktor yang Menentukan Bisnis Bisa Bertahan dalam Kondisi Apapun

1. Strategi Inovasi

Strategi ini menjelaskan bahwa salah satu sumber daya saing yang penting bagi UKM adalah menjadi agen perubahan, sebagai alat untuk generasi ide baru dan aktivitas agen perubahan. UKM akan mengejar inovasi sebagai strategi untuk daya saing yang nampak bertentangan dengan banyak teori. Ketika UKM terlibat dalam strategi tersebut, mereka akan mulai dengan skala output yang kecil.

2. Strategi teknologi informasi

Strategi selanjutnya yang dapat digunakan UKM adalah teknologi informasi. Untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar global melibatkan aplikasi dan adopsi teknologi baru yang efektif untuk mengurangi biaya.

3. Strategi teknologi digital

Strategi tersebut penting untuk mengembangkan kompentensi inti dan berkolaborasi dengan UKM lain untuk membangun konten inovatif yang disesuaikan dengan selera unik masing-masing konsumen.

4. Startegi aktif berpartisipasi

Bagi UKM yang ingin tetap kompetitif di pasar Global salah satu caranya dengan aktif berpartisipasi dalam jaringan dan bekerja sama dengan perusahaan lain. Struktur jaringan mengijinkan perusahaan mengurangi biaya dan melakukan inovasi dengan bekerja sama dengan subkontrak di luar perusahaan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini